Sukses

Selain Kebutaan, Ini 5 Bahaya Terlalu Lama Main Gim

Terlalu lama bermain gim ternyata bisa menyebabkan berbagai macam risiko. Berikut sejumlah bahaya yang mungkin terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, main gim di smartphone, komputer, atau konsol gim dianggap sebagai hal yang paling menyenangkan dan menghibur. Saking senangnya, banyak orang yang sampai lupa waktu saat sedang bermain gim.

Tentunya, segala hal yang berlebihan memiliki dampak negatif, termasuk kebanyakan bermain gim.

Bagi kamu yang sering lupa waktu dan tak bisa berhenti main gim, berikut adalah beberapa bahaya bermain gim terlalu lama.

1. Kecanduan

Jika kamu terlalu lama bermain gim tentu bisa menyebabkan kecanduan dan tak bisa berhenti main gim. Bahkan, hasil studi yang dilakukan Iowa State University menyebut, sekitar 4-10 persen orang yang bermain gim dengan waktu normal juga bisa kecanduan gim.

Ilustrasi: Bermain gim di komputer (Foto: ZDnet)

2. Obesitas

Bermain gim terlalu lama ternyata juga bisa menimbulkan obesitas. Bagaimana tidak, saat asyik bermain gim biasanya seseorang terus duduk dalam jangka waktu lama tanpa bergerak sama sekali.

Ilustrasi: Obesitas

Jika aktivitas main gim dibarengi dengan makan cemilan, bahaya obesitas pun mengintai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebutaan

3. Kebutaan

Kerusakan pada mata juga merupakan bahaya bermain gim terlalu lama. Oktober 2017, seorang wanita asal Guangdong, Tiongkok, mendadak buta karena bermain gim mobile Honour of Kings selama 24 jam non-stop.

Wanita bernama Wu Xiaojing ini kehilangan penglihatan sebelah kanan dan belakangan Wu didiagnosa menderita oklusi retina mata kanan.

Perempuan muda di Tiongkok, Wu Xiaojing, buta karena kecanduan gim Honour of Kings (Sumber: World of Buzz)

Biasanya hal ini terjadi pada orangtua dan jarang ditemui pada remaja, namun karena ketegangan mata yang cukup parah kebutaan terjadi pada Wu.

4. Kejang-Kejang

Mayoritas penderita epilepsi berpotensi mengalami kejang-kejang jika bermain gim terlalu lama. Hasil penelitian yang dilakukan National Institutes of Health menyebut, 27 dari 35 penderita epilepsi mengalami kejang karena terlalu lama main gim.

Ilustrasi: Bermain gim

3 dari 3 halaman

Kerusakan Punggung Bawah

5. Kerusakan Punggung Bawah

Bahaya lain dari bermain gim terlalu lama adalah kerusakan punggung bawah. Lazimnya gejala ini dialami orang yang sudah berusia lanjut.

Ilustrasi bermain gim (pixabay.com)

Namun berdasarkan laporan European Spine Journal, bermain gim ternyata berhubungan dengan punggung manusia. Jika seseorang bermain gim terlalu lama, berapa pun usianya, ia rentan mengalami kerusakan punggung, terutama di bagian bawah.

Bila kamu yang berlebihan saat main gim, harus lebih pandai mengatur waktu main gim. Jangan sampai hal-hal di atas kamu alami ya.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.