Sukses

Asus dan HP Ungkap Laptop Pertama di Dunia dengan Otak Snapdragon

Liputan6.com, Maui - Qualcomm baru saja mengumumkan sejumlah hal penting di ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawaii. Salah satunya dukungan prosesor Snapdragon 835 untuk perangkat PC, yakni Asus dan HP.

Dalam kesempatan yang dihadiri langsung oleh Tekno Liputan6.com ini, Asus dan HP turut memperkenalkan laptop yang masuk ke dalam kategori baru "Always Connected PC", yakni Asus NovaGo dan HP Envy X2. Keduanya dilengkapi fitur eSIM dan slot Nano SIM.

Spesifikasi singkatnya, Asus NovaGo berjalan dengan OS Windows 10S dan ditenagai chipset Snapdragon 835. Laptop 2-in-1 ini juga dilengkapi Snapdragon X16 LTE Modem layar 13,3 inci full HD, serta daya baterai hingga 22 jam (video playback) dan standby hingga 30 hari.

NovaGo hadir dalam dua varian, yakni RAM 4GB dengan memori 8GB seharga US$ 599 (dengan kisaran Rp 8,1 juta) dan RAM 8GB debgan memori 256GB seharga US$ 799 (dengan kisaran Rp 10 juta). Kedua varian ini akan tersedia pada musim semi 2018.

"Semakin banyak konsumen yang ingin selalu terhubung, seperti perangkat mobile. NovaGo hadir sesuai dengan keinginan pasar yang ingin battery life yang lebih baik. Perangkat ini juga memiliki speed broadband 3-7 kali lebih cepat," ungkap CEO Asus, Jerry Shen.

Sementara HP Envy X2 hadir dengan ukuran tablet 12,3 inci full HD yang dilengkapi dengan keyboard dan stylus. Perangkat ini juga sama-sama ditenagai Snapdragon 835, Snapdragon X16 LTE Modem, dan berjalan di Windows 10S.

Kapasitas memori hingga 256GB, RAM 8GB, dan daya tahan baterai hingga 20 jam. HP belum membeberkan bocoran harga, tetapi produk ini baru akan tersedia musim semi 2018.

 

1 dari 2 halaman

Perubahan Besar PC

Dalam sambutan pembukaanya, Executive Vice President Qualcomm Technologies, Cristiano Amon mengungkapkan dukungan Snapdragon 835 untuk PC merupakan salah satu strateginya untuk mengubah cara orang menggunakan perangkat.

"Kami akan mengubah prilaku pengguna PC dengan membawa perubahan besar pada battery life. Jadi, kamu tak perlu membawa smartphone ke mana-mana nantinya, cukup membawa PC saja. Karena (dengan teknologi ini) kamu akan selalu terhubung," ungkap Amon.

Selain itu, Qualcomm juga memperkenalkan penerus 835, yakni Snapdragon 845. Spesifikasinya memang belum diumumkan. Namun, kemungkinan prosesor ini akan hadir di sejumlah flagship Android, termasuk PC, di 2018.

(Cas/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Punya Chip Baru, Huawei Kian Optimistis Tantang Apple dan Samsung
Artikel Selanjutnya
Acer Pamer Tiga Notebook Stylish di IFA 2017