Sukses

10 Momen Paling Banyak Dibicarakan di Twitter Sepanjang 2017

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang tahun 2017, linimasa Twitter Indonesia ramai dengan berbagai topik. Berdasarkan data yang dipublikasikan Twitter Indonesia, ada 10 momen yang paling banyak dibicarakan di linimasa Twitter Indonesia.

Country Head Industry Twitter Indonesia, Novita Jong mengatakan tahun 2017 menjadi tahun menarik bagi Twitter karena keberagaman topik yang dibicarakan.

"Twitter menjadi platform live yang membuat warganet ingin aktif terlibat dalam berbagai percakapan dari offline ke online. Beragam topik bertema ramadan, olahraga, isu-isu sosial, hingga entertainment dicuitkan di Twitter," kata Novita dalam konferensi pers #RameDiTwitter di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Lantas, apa saja momen paling banyak dibicarakan di Twitter Indonesia?

1. Ramadan

Selama bulan Ramadan, masyarakat Indonesia membagikan momen mereka lewat beragam tagar, misalnya saja #Ramadan, #Puasa, #Sahur, #Ngabuburit, dan lain-lain.

Tercatat, setidaknya ada 118 juta cuitan terkait dengan Ramadan dari berbagai penjuru dunia.

2. Pilkada Serentak 2017

Pilkada 2017 yang dilaksanakan 15 Februari 2017 juga menjadi momen yang paling banyak dibicarakan oleh warganet di Twitter. Pada linimasa Twitter, suasana Pilkada di berbagai daerah banyak dicuitkan.

Banyak pula kandidat Pilkada menggunakan Twitter sebagai alat untuk mensosialisasikan program mereka. Bagi para pemilih, Twitter menjadi tempat untuk mencari informasi, berbagi opini, hingga terhubung dengan kandidat.

Setidaknya, 11,2 juta twit terkait #PilkadaSerentak2017 dicuitkan sejak 1 Januari 2017 dan 1 juta twit di antaranya diunggah pada hari pemilihan.

 

1 dari 3 halaman

3. HUT RI ke-72

Pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, lebih dari 1,1 juta twit dicuitkan dari berbagai penjuru Indonesia. Beragam tagar berhubungan dengan kemerdekaan dicuitkan dengan tagar #RI72, #17an, #IndonesiaKerjaBersama, dan #HUTRI72.

4. Pilkada DKI

Pilkada DKI menjadi momen penting di dunia perpolitikan Indonesia tahun ini. Twitter menjadi tempat berbagi informasi dan mengutarakan pendapat tentang pilkada dan program kerja masing-masing kandidat.

Berbagai tagar terkait Pilkada DKI seperti #PilkadaDKI, #DKI1, #PilgubDKI, serta #DebatPilkadaDKI dicuitkan oleh warganet.

5. Konser Bangtan Boys di Jakarta

Siapa sangka, boyband Korea Bangtan Boys atau BTS jadi salah satu momen paling banyak dicuitkan oleh pengguna Twitter di Indonesia dan global.

Fans BTS yang dikenal dengan nama Army menggunakan tagar #wingstourinjakarta, #BTS, #BTSArmy, dan #BTS1000Days untuk mencuitkan twit berkaitan dengan konser BTS di Jakarta.

6. Kasus Ahok

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga menjadi salah satu topik paling banyak dibicarakan di Twitter Indonesia. Ahok berada di peringkat pertama politisi Indonesia yang paling banyak dibicarakan di Twitter sepaniang 2017, apalagi setelah dijatuhi hukuman penjara 2 tahun.

Warganet menggunakan tagar #Ahok, #BebaskanAhok, #KamiBersamaAhok untuk menyuarakan pendapatnya mengenai Ahok.

 

2 dari 3 halaman

7. Berpulangnya Choirul Huda

Berpulangnya kiper tim sepakbola Persela Lamongan FC Choirul Huda saat pertandingan melawan Semen Padang juga menjadi momen paling ramai dibicarakan di Twitter. Ucapan belasungkawa pun dicuitkan oleh pengguna Twitter dan sesama pesepak bola. Para penggemar menggunakan #RIPChoirulHuda dalam cuitan tersebut.

8. Kasus Korupsi Setya Novanto

Ketua DPR Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi KTP elektronik. Berbagai meme kocak dan cuitan kreatif dengan tagar #ThePowerOfSetnov, #SaveTiangListrik, dan #IndonesiaMencariPapah banyak dicuitkan oleh pengguna Twitter.

Bahkan, ada akun yang diciptakan khusus terkait kecelakaan Setya Novanto yang menabrak tiang listrik (@TiangListrik_ID).

9. Pernikahan Raisa-Hamish

Pernikahan penyanyi populer Indonesia Raisa Adriana dengan Hamish Daud pada September 2017 juga jadi salah satu topik paling banyak di Twitter.

Beragam cuitan ucapan selamat, kecemburuan, dan kesedihan atas pernikahan Raisa-Hamish dibalut dalam konten humor. Meme lucu dan cuitan pengguna pun dilengkapi dengan tagar #HariPatahHatiNasional dan #RaisaHamishSatuAtap.

10. Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Pernikahan putri Presiden Indonesia Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dianggap sebagai pernikahan akbar tahun ini. Momen ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia dengan berbagai cuitan di Twitter menjadi viral dengan tagar #JokowiMantu, #BobbyKahiyangWedding, #KahiyangBobby.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Tantangan Internet Berujung Maut, Hari Patah Hati Nasional
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips untuk Terkenal di Instagram