Sukses

Startup Indonesia Ini Pamer Teknologi di ShanghaiTex 2017

Liputan6.com, Jakarta - Startup lokal yang bergerak di industri marketplace business-to-business (B2B) berpartisipasi dalam pameran industri tekstil tahunan terbesar di Tiongkok, ShanghaiTex 2017 atau International Exhibition on Textile Industry yang ke-18.

Dalam perhelatan tersebut 88Spares menggelar sebuah seminar eksklusif yang mengundang 60 peserta VIP. Seminar dibawakan oleh dua pembicara, Hartmut Molzahn sebagai CEO dan Co-founder 88Spares dan Chen Long, Direktur Bisnis wilayah Tiongkok untuk 88Spares.

Topik presentasi yang dibawakan, Developing Digital Market, menunjukkan dedikasi perusahaan untuk membantu ekosistem industri mesin tekstil dalam merangkul era teknologi.

Melalui platform yang ada, 88Spares membantu para vendor suku cadang mesin tekstil untuk menjual produknya secara langsung kepada pembeli melewati perantara tengah. Dengan begitu, pembeli bisa menghemat biaya dan vendor pun bisa mendapatkan untung lebih.

“Alasan utama kami membangun platform ini adalah untuk mengatasi permasalahan utama yang terus berlanjut di industri tekstil,” ungkap Rosari Soendjoto, CMO sekaligus Co-founder 88Spares.com dalam keterangannya, Rabu (6/12/2017).

Sebelumnya, tim 88Spares telah keliling Eropa, khususnya Italia dan Jerman, untuk bertemu dan mengajak vendor-vendor Eropa bergabung dalam platform mereka.

“Hal yang kami pelajari setelah berbincang-bincang dengan vendor-vendor di Eropa adalah banyak bisnis mesin tekstil yang membutuhkan solusi efisien agar siap dan bertahan dalam industri 4.0,” tambah Rosari.

 

1 dari 2 halaman

Tak Ingin Jadi Disruptor

Permasalahan yang sering dihadapi cenderung berpusat pada rantai pemasokan yang terlampau panjang antara vendor ke pembeli yang membuat keuntungan untuk kedua belah pihak semakin mengecil.

“Fokus kami ketika membangun teknologi pada platform kami--dari fitur e-Commerce sederhana hingga teknologi tingkat tinggi yang melibatkan kecerdasan buatan--membantu menyelesaikan permasalahan bagi seluruh pemangku kepentingan dan memberdayakan industri secara keseluruhan,” ungkapnya.

Sementara Hartmut menegaskan pihaknya tidak ingin menjadi disruptor dalam Industri ini. 88Spares ingin menjadi faktor pemberdaya dan agen perubahan yang mempersiapkan seluruh pemain untuk menyambut revolusi Industri 4.0.

“Inilah mengapa kami membawa semua anggota tim ke ShanghaiTex 2017. Tiongkok sebagai salah satu pusat global untuk industri mesin tekstil dan garment berhasil mengumpulkan seluruh pemain industri penting ke dalam ShanghaiTex,” pungkasnya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
GnB Accelerator Batch Ketiga Siap Gembleng 6 Startup Pilihan
Artikel Selanjutnya
Plug and Play Indonesia Temui Gubernur Djarot, Ada Apa?