Sukses

SaveTiangListrik Masuk Daftar 10 Tagar Teramai Twitter Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Twitter merupakan platform microblogging yang bersifat live dan conversational.

Jejaring sosial yang bermarkas di California, Amerika Serikat, ini pun menjadi tempat bagi generasi muda di Indonesia untuk terhubung dengan berbagai momen seru serta menjadi bagian dari percakapan global.

Diungkapkan Country Head Industry Twitter Indonesia Novita Jong, ada beberapa tagar terpopuler yang sering digunakan oleh pengguna di Indonesia sepanjang 2017.

"Kalau dilihat memang ada beragam topik yang digunakan pengguna. Namun, ada tagar-tagar yang paling ramai di Twitter," katanya di konferensi pers bertajuk #RameDiTwitter di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Berikut adalah 10 tagar yang paling ramai di lini masa Twitter Indonesia sepanjang 2017.

Country Head Industry Twitter Indonesia Novita Jong di konferensi pers #RameDiTwitter di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

1. #PersibDay

Tagar Persib Day selalu digunakan oleh penggemar tim sepak bola Persib setiap kali tim sepak bola Bandung itu berlaga. Tak jarang, tagar Persib Day juga memuncaki trending topic di Twitter.

2. #JumatBerkah

Setiap hari Jumat, tagar Jumat Berkah menjadi trending topic. Hari Jumat sering dikaitkan dengan ucapan syukur dan kegembiraan menyambut akhir pekan. Sekadar diketahui, ini adalah pertama kalinya tagar Jumat Berkah masuk dalam 10 tagar paling populer di Indonesia.

3. #WingsTourInJakarta

Masih terkait dengan boy band Korea Selatan BTS, #WingsTourInJakarta banyak dikicaukan ketika penggemar BTS menyambut idolanya menggelar pertunjukan di Indonesia

1 dari 4 halaman

#TimnasDay

4. #TimnasDay

Tagar Timnas Day biasa digunakan oleh pengguna Twitter untuk menyemangati tim nasional Indonesia saat bertanding.

5. #PersijaDay

Tagar Persija Day selalu digunakan penggemar klub sepak bola Persija setiap kali Persija berlaga dalam pertandingan. Tagar ini sempat mendominasi lini masa Twitter selama Liga 1 berlangsung, sebab jumlah pendukung Persija sangatlah besar, mengikuti Persib.

Pasukan Paskibraka saat mengikuti upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-71 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8). Jumlah anggota Paskibraka yang bertugas pada upacara kali ini 67 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

6. #FreeAhok

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sempat ramai dibicarakan saat yang bersangkutan diputus bersalah oleh pengadilan atas kasus penistaan agama.

Saat itu, pengguna Twitter yang mendukung Ahok baik di Indonesia maupun luar negeri menggunakan #FreeAhok sebagai bentuk dukungan bagi Ahok.

7. #RI72

Momen perayaan Kemerdekaan RI selalu menjadi hal yang diperbincangan di Twitter, termasuk dengan #RI72. Masyarakat Indonesia menggunakan tagar ini untuk berbagi perayaan kemerdekaan di berbagai daerah.

2 dari 4 halaman

Save Tiang Listrik

8. #GoJekTravelokaLiga1

GoJek Traveloka Liga 1 adalah musim ke-60 dari kasta sepak bola tertinggi di Indonesia.

9. #SaveTiangListrik

Kasus korupsi yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto banyak mendapatkan sorotan dari pengguna Twitter di Indonesia. Terutama, saat mobil yang ditumpangi Novanto menabrak tiang listrik sehingga membuatnya dirawat di rumah sakit.

Ilustrasi: Meme SaveTiangListrik

Tagar #SaveTiangListrik dikicaukan oleh pengguna Twitter sebagai bentuk satire dengan banyak konten humor untuk mengajak masyarakat melindungi tiang listrik.

10. #PilkadaDKI

Tagar Pilkada DKI mendominasi momen Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Masyarakat menggunakannya untuk mencari informasi, menyuarakan opini, serta berbagi momen seru saat acara debat antarkandidat.

3 dari 4 halaman

10 Orang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

10 Orang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

Selain tagar paling ramai dibicarakan di lini masa Twitter Indonesia, Twitter Indonesia juga mengumumkan beberapa nama orang sekaligus pemilik akun yang paling sering dibicarakan di lini masa.

Nama yang paling banyak dibicarakan di lini masa adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Fahri Hamzah.

Ilustrasi: Akun Twitter Presiden Joko Widodo

Novita mengatakan, dalam melihat momen, tagar, dan akun yang paling banyak dibicarakan, Twitter menggunakan berbagai cara.

Misalnya saja, Twitter memperhitungkan tagar, mention, retweet, interaksi, serta engagement lain.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Artikel Selanjutnya
Lowongan Dibuka, Tagar CPNS Dominasi Trending Topic Indonesia
Artikel Selanjutnya
Tagar EidAlAdha Jadi Trending Topic di Twitter