Sukses

Performa Grafis Lebih Gesit, Ini Spesifikasi Snapdragon 845

Liputan6.com, Maui - Qualcomm akhirnya menepati janji dengan mengungkap sejumlah spesifikasi lengkap Snapdragon 845. Prosesor terbaru ini diklaim memiliki performa gesit dibandingkan generasi sebelumnya, Snapdragon 835. Apa saja?

Diungkapkan Travis Lanier, Senior Director, Product Management Qualcomm, Snapdragon 845 mengusung CPU Kryo 385 yang dibekali ARM Cortex 10LPP FINFET generasi kedua.

Snapdragon 845 menggunakan delapan core Kryo 385. Empat inti pertama berkecepatan hingga 2,8GHz dan berfungsi untuk menjalankan aktivitas berat, seperti bermain gim.

"Peningkatan performa empat core pertama ini hingga 25-30 persen dari generasi pendahulunya," tutur Lanier saat sesi pemaparan Snapdragon pada Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Sementara, empat core sisanya yang memiliki kecepatan hingga 1,8GHz lebih kencang 15 persen dibandingkan dari chip terdahulu.

Tak hanya itu, Qualcomm turut membawa perbaikan performa grafis Snapdragon 845 dengan membekali Adreno 630 yang diklaim 30 persen lebih gesit, namun hemat daya hingga 30 persen.

"Performa grafis lebih kencang 30 persen, tetapi konsumsi dayanya lebih rendah 30 persen dan 2,5 lebih cepat pada display throughput," tambah Lanier.

Adapun, Snapdragon 845 bakal memulai debutnya di sejumlah ponsel flagship yang diluncurkan pada 2018. Salah satu yang akan mencicip Snanpdragon 845 perdana adalah Xiaomi Mi 7.

 

1 dari 2 halaman

Mi 7 Bakal Gunakan Snapdragon 845

Salah satu smartphone pertama yang menggunakan chip Snapdragon 845 adalah Xiaomi Mi 7 sebagai otak perangkatnya. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, saat ditemui awak media usai sesi di Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 di Maui, Hawaii, Selasa (5/12/2017) waktu setempat.

Snapdragon 845 merupakan prosesor teranyar dari Qualcomm yang juga diperkenalkan hari ini. Salah satu gebrakan baru di Snapdragon 845 adalah dukungan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Menurut Jun, kemampuan AI digadang-gadang menjadi fitur utama Xiaomi Mi 7.

"Gebrakan besar yang kami capai sejauh ini di AI adalah deep learning yang membutuhkan data yang besar," ungkapnya.

"Snapdragon 845 hadir dengan platform komputasi AI yang powerful. Tim kami bersama dengan Qualcomm akan melakukan demonstrasi kemampuan (AI) ini saat Mi 7 diluncurkan tahun depan," tambahnya.

Namun, Jun enggan membeberkan tanggal perilisan Mi 7 termasuk spesifikasinya. Kita tunggu saja!

(Cas/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Tak Ada Snapdragon 836, Google Pixel 2 Pakai Apa?
Artikel Selanjutnya
Essential Phone Ternyata Paling Sulit Diperbaiki