Sukses

Gerhana Matahari Total Jadi Sorotan Warganet Dunia Sepanjang 2017

Gerhana Matahari Total menjadi salah satu momen yang menyedot perhatian warganet dunia sepanjang 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak warganet yang bereaksi dan membicarakan tentang momen serta peristiwa penting yang terjadi di seluruh dunia melalui media sosial, seperti Facebook.

Melaui Facebook, warganet juga berkumpul untuk saling mendukung di saat terjadinya krisis. Ya, 2017 merupakan tahun yang sulit karena terjadi banyak bencana alam dan kekerasan di seluruh dunia.

Tak hanya itu mereka juga menggunakan Facebook untuk bisa berkumpul secara live. Dalam Year in Review 2017, Facebook mengungkapkan bahwa fenomena Gerhana Matahari Total yang terjadi pada Agustus telah membawa kedekatan melalui lebih dari 20.000 Acara Facebook yang digelar di lebih dari 80 negara.

The Women's March di DC juga telah membawa lebih dari 500.000 orang untuk berkumpul, baik online maupun offline. Di momen yang berlangsung pada Januari ini mereka ingin mengirim pesan kepada Presiden Donald Trump bahwa hak-hak perempuan adalah hak asasi manusia.

Gempa bumi di Meksiko juga mendorong jumlah total interaksi dalam Crisis Response di Facebook tahun ini, dengan jutaan orang melaporkan bahwa diri mereka aman.

Tragedi Badai Harvey pun menyedot perhatian warganet dunia. Banyak komunitas yang berkumpul untuk membantu mereka yang membutuhkan dengan mengumpulkan lebih dari US$ 20 juta.

Sementara One Love Manchester menjadi video dan siaran langsung yang paling banyak ditonton di Facebook pada 2017. 80 juta orang dari sejumlah negara menyaksikan konser amal ini di Facebook.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen Nomor Satu

Kemudian Hari Perempuan Internasional menjadi momen nomor satu yang paling banyak dibicarakan pada 2017, meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Banyak warganet mem-posting perayaan hari perempuan dan isu terkait perayaan tersebut.

Ajang Super Bowl 51 juga menjadi perdebatan di Facebook, terutama soal iklan TV teratas yang muncul saat berlangsungnya acara tersebut. Tercatat, ada lebih dari 262 juta penayangan video terkait Super Bowl di Facebook.

Terakhir, kekerasan yang terjadi di Las Vegas mendorong percakapan di seluruh dunia, yang pada akhirnya memotivasi lebih dari 3.300 orang untuk menawarkan Bantuan Komunitas melalui Crisis Response di Facebook.

Sebagai informasi, puncak momen Year in Review 2017 ditentukan dengan membandingkan volume kata kunci dari tahun ke tahun dan mengamati lonjakan kata kunci harian antara 1 Januari dan 1 November 2017. Juga meninjau fitur Facebook yang paling banyak digunakan pada saat momen teratas di tahun ini.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.