Sukses

Kamera dan AI Jadi 'Jagoan' Utama Snapdragon 845

Liputan6.com, Maui - Snapdragon 845, prosesor terbaru Qualcomm yang resmi diperkenalkan pada Selasa (5/12/2017) lalu menonjolkan kekuatan utama pada fitur kamera dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Alasannya tak lain karena teknologi AI dan kamera bakal menjadi lahan bisnis baru yang menggiurkan. Total pendapatan dari AI diprediksi mencapai US$ 160 miliar di 2025.

"Lagipula, smartphone bakal menjadi perangkat umum untuk pengembangan AI. Teknologi ini akan semakin meluas," tutur Director Product Management Qualcomm, Gary Brotman, saat pemaparan Snapdragon 845 di Maui, Hawaii, Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Riset mencatat pengapalan smartphone mencapai 8,6 miliar unit pada 2017-2021. Adapun, pengembangan teknologi mobile akan mencapai US$ 80 miliar, dengan US$ 51 miliar dari core mobile dan US$ 29 miliar untuk teknologi lain, seperti Internet of Things (IoT), networking, mobile computing, dan otomotif.

Selain AI, Qualcomm siap menggeber kemampuan kamera lewat Snapdragon 845. Untuk mendukung hal ini, Qualcomm memboyong sejumlah komponen mumpuni, antara lain prosesor grafis Adreno 630, Spectra 280 Image Signal Processor (ISP), dan AI Framework Google TensorFlow dan Caffe/Caffe2.

Menurut Bratman, AI juga dapat mendukung fotografi mobile. Misalnya, ponsel dapat menghasilkan foto bokeh hanya dengan menggunakan satu kamera saja. Snapdragon 845 diketahui mendukung kemampuan 4K HDR.

"Kemampuan AI yang diboyong ke Snapdragon 845 dapat mendukung banyak hal, mulai dari pemindaian wajah, asisten digital, hingga efisiensi pada konsumsi baterai. Dengan begitu, interaksi pengguna dan perangkat akan lebih lama," tandasnya.

 

1 dari 2 halaman

Xiaomi Mi 7 Bakal Gunakan Snapdragon 845

Salah satu smartphone pertama yang menggunakan chip Snapdragon 845 adalah Xiaomi Mi 7 sebagai otak perangkatnya.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, saat ditemui awak media usai sesi di Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 di Maui, Hawaii, Selasa (5/12/2017) waktu setempat.

Snapdragon 845 merupakan prosesor teranyar dari Qualcomm yang juga diperkenalkan hari ini. Salah satu gebrakan baru di Snapdragon 845 adalah dukungan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Menurut Jun, kemampuan AI digadang-gadang menjadi fitur utama Xiaomi Mi 7.

"Gebrakan besar yang kami capai sejauh ini di AI adalah deep learning yang membutuhkan data yang besar," ungkapnya.

"Snapdragon 845 hadir dengan platform komputasi AI yang powerful. Tim kami bersama dengan Qualcomm akan melakukan demonstrasi kemampuan (AI) ini saat Mi 7 diluncurkan tahun depan," tambahnya.

Sayang, Jun masih enggan ungkap tanggal peluncuran Xiaomi Mi 7 kapan pastinya.

(Cas/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Teknologi Pengenalan Wajah Makin Mumpuni di 2018
Artikel Selanjutnya
Performa Grafis Lebih Gesit, Ini Spesifikasi Snapdragon 845