Sukses

iPhone X Bakal Hadir di Indonesia 22 Desember, Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - iPhone X segera hadir di Indonesia atau tepatnya pada Jumat, 22 Desember 2017. Tak hanya itu, seri smartphone Apple terbaru lainnya yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga akan melenggang di Tanah Air pada tanggal yang sama.

Informasi ini disampaikan oleh Djatmiko Wardoyo, Direktur Komunikasi dan Pemasaran Erajaya Group melalui pesan singkat, Jumat (8/12/2017) di Jakarta. 

"Telematika Artha Mandiri, anak usaha Erajaya Group akan segera menghadirkan produk-produk terbaru Apple pada 22 Desember 2017 yang terdiri dari iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus," ujar Djatmiko.

Ia memaparkan, ketiga iPhone terbaru tersebut akan tersedia di jaringan grup retail Erajaya, yaitu iBox, beberapa outlet Erafone, dan Urban Republic di seluruh Indonesia. 

Namun sayang, Djatmiko belum menginformasikan soal harganya. "Untuk harga ditunggu. Kami akan segera menginformasikannya," pungkasnya. 

Sebagai informasi, di negara tetangga seperti Singapura, ketiga resmi dipasarkan pada 3 November 2017. Di negara tersebut iPhone X dijual mulai 1.648 dolar Singapura atau sekitar Rp 16,4 juta. 

Sementara iPhone 8 dijual seharga 1.148 dolar Singapura atau sekitar Rp 11,3 juta dan iPhone 8 Plus dibanderol Rp 1.308 dolar Singapura atau sekitar Rp 12,9 juta.

Smartfren juga memberikan informasi terkait hal tersebut, di mana perusahaan akan menawarkan iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. 

"Smartfren akan menawarkan produk terbaru Apple pada Jumat, 22 Desember. Adapun produk yang ditawarkan antara lain iPhone X serta generasi baru iPhone 8 dan iPhone 8 Plus," kata Derrick Surya, VP Brand dan Marcomm Smartfren kepada Tekno Liputan6.com.

"Untuk harga, spesifikasi, paket data bundle dan lain-lain, kami baru merilis detailnya pada tanggal yang sama (22 Desember 2017)," tutupnya.

1 dari 3 halaman

iPhone X Versi Jumbo

Berbagai prediksi mengenai produk terbaru Apple, termasuk iPhone, kerap menghiasi ranah internet. Kali ini kembali muncul laporan baru tentang varian baru iPhone X untuk tahun depan.

Dilansir Business Insider, Kamis (7/12/2017), para analis perusahaan finansial Nomura memperkirakan Apple akan merilis tiga varian iPhone pada tahun depan. Salah satunya adalah iPhone X generasi terbaru, tapi dengan ukuran layar lebih besar.

Apple disebut akan merilis dua iPhone dengan layar OLED dan satu lagi menggunakan LCD. Smartphone pertama Apple yang menggunakan teknologi OLED adalah iPhone X.

Untuk iPhone OLED pada tahun depan, salah satunya akan memiliki ukuran layar sama seperti iPhone X yaitu 5,8 inci. Varian iPhone OLED yang lain akan meluncur dengan ukuran layar lebih besar yaitu 6,5 inci.

Selain itu, analis memperkirakan sistem kamera True Depth yang digunakan untuk pengenalan wajah akan memiliki desain seperti tahun ini. Apple juga kemungkinan akan mengumumkan pilihan memori internal baru 512GB.

"Kami berpikir fokus terhadap iPhone terbaru pada semester II 2018 adalah mengoptimalkan berbagai teknologi dalam hal performa, biaya dan mengadopsi portofolio iPhone yang lebih banyak, ketimbang membawa perubahan teknologi lebih signifikan untuk iPhone terbaru," tulis Nomura dalam catatan analisnya.

Para analis juga berpendapat spesifikasi iPhone OLED untuk tahun depan kemungkinan besar akan sama seperti yang dimiliki iPhone X saat ini. Perbedaannya kemungkinan hanya terletak pada ukuran layar dan dukungan dua kartu SIM untuk iPhone 6,5 inci.

2 dari 3 halaman

Mitra Apple Terbaru

Ketiga iPhone terbaru diperkirakan akan memiliki desain bodi seperti iPhone X, dengan perbedaan terletak pada jenis layar yang digunakan.

Para analis meyakini iPhone dengan harga paling murah akan memiliki kamera pengenalan wajah dan menyasar segmen kelas menengah. Harga jualnya berkisar antara US$ 650 dan US$ 900.

iPhone murah disebut hanya akan memiliki satu kamera belakang. Nomura memperkirakan smartphone ini akan dirakit oleh Pegatron atau Wistron.

Mitra Apple yang lain, Foxconn, akan menangani proses manufaktur iPhone yang lebih mahal. Foxconn saat ini menjadi satu-satunya perakit untuk iPhone X.

Informasi Nomura ini berasal dari sejumlah sumber dari rantai pasokan. Namun, Nomura menekankan bahwa kemungkinan akan ada perubahan karena spesifikasi dan pemasok untuk iPhone terbaru diperkirakan selesai ditetapkan pada akhir kuartal I atau awal kuartal II 2018.

Catatan Nomura kepada investor ini sebagian besar fokus terhadap perusahaan-perusahaan yang memasok berbagai material untuk iPhone.

Jika prediksi mereka akurat, maka perusahaan-perusahaan yang akan menjadi rekanan Apple untuk iPhone terbaru di antaranya Largan, ASE, Wistron, ZDT, Casetek, dan Merry.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Meluncur 12 September, Berapa Harga iPhone 8?