Sukses

Snapdragon 845 Bikin Koneksi Internet Smartphone Melesat

Prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 845 dibekali modem X20 yang menjanjikan koneksi internet cepat hingga 1,2Gbps.

Liputan6.com, Maui - Tak melulu soal teknologi canggih, Qualcomm juga turut menyematkan Snapdragon 845 dengan komponen yang memampukan koneksi internet mobile cepat layaknya jaringan fiber optic.

"Snapdragon 845 didukung modem X20 atau Cat 18 yang memampukan kecepatan download hingga 1,2Gbps," tutur Peter Senior Director Product Manager Qualcomm, Peter Carson di Grand Wailea, Maui, Hawaii, Kamis (7/12/2017).

Carson menjelaskan modem X20 mendukung spesifikasi 5x carrier aggregation, 4x4 MIMO, serta dual slot SIM dan VoLTE. Karena merupakan dual SIM dan dual VoLTE generasi kedua, pengguna dapat leluasa menggunakan jaringannya, baik itu 2G maupun 3G.

Snapdragon 845 sendiri diklaim sebagai prosesor Gigabit LTE yang memiliki kemampuan transfer data super cepat dalam hitungan gigabit per detiknya.

Selain itu, Qualcomm turut membenamkan jaringan WiFi yang medukung 60 GHz 802.11ad untuk menghasilkan koneksi dengan kecepatan 4,6 Gbps.

Kemudian, teknologi TrueWireless pada Bluetooth yang memampukan pengguna untuk melakuman transfer data yang lebih cepat dengan konsumsi data yang lebih rendah dan efisien.

Meski belum secara komersial hadir di smartphone, teknologi internet cepat yang Snapdragon 845 miliki ini diperkirakan baru akan menyambangi ponsel pada 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kamera dan AI Jadi Fitur Andalan Snapdragon 845

Seperti disebutkan sebelumnya, Snapdragon 845, prosesor terbaru Qualcomm yang diperkenalkan pada Selasa (5/12/2017) lalu menonjolkan berbagai macam kekuatan utama. Beberapa diantaranya adalah pada fitur kamera dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Alasannya tak lain karena teknologi AI dan kamera bakal menjadi lahan bisnis baru yang menggiurkan. Total pendapatan dari AI diprediksi mencapai US$ 160 miliar di 2025.

"Lagipula, smartphone bakal menjadi perangkat umum untuk pengembangan AI. Teknologi ini akan semakin meluas," tutur Director Product Management Qualcomm, Gary Brotman, saat pemaparan Snapdragon 845 di Maui, Hawaii, Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Riset mencatat pengapalan smartphone mencapai 8,6 miliar unit pada 2017-2021. Adapun, pengembangan teknologi mobile akan mencapai US$ 80 miliar, dengan US$ 51 miliar dari core mobile dan US$ 29 miliar untuk teknologi lain, seperti Internet of Things (IoT), networking, mobile computing, dan otomotif.

Selain AI, Qualcomm siap menggeber kemampuan kamera lewat Snapdragon 845. Untuk mendukung hal ini, Qualcomm memboyong sejumlah komponen mumpuni, antara lain prosesor grafis Adreno 630, Spectra 280 Image Signal Processor (ISP), dan AI Framework Google TensorFlow dan Caffe/Caffe2.

"Kemampuan AI yang diboyong ke Snapdragon 845 dapat mendukung banyak hal, mulai dari pemindaian wajah, asisten digital, hingga efisiensi pada konsumsi baterai. Dengan begitu, interaksi pengguna dan perangkat akan lebih lama," tandasnya.

(Cas/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.