Sukses

iPhone X Masuk Indonesia, Ini Harapan Menkominfo

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, setelah iPhone terbaru diumumkan secara global oleh Apple, produk tersebut tak langsung mendarat ke pasar ponsel Indonesia. Bahkan, konsumen di Tanah Air harus menunggu hingga berbulan-bulan lamanya.

Namun, saat ini iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus yang diumumkan Apple pada September 2017 akan segera hadir di Indonesia, tepatnya pada Jumat, 22 Desember 2017.

Menkominfo Rudiantara menganggapi hal tersebut dengan positif. "Kalau kehadiran iPhone X memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia, bagus dong," ujarnya saat ditemui di acara Nexticorn di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Rudiantara mengatakan, proses pengajuan sertifikasi sudah lebih cepat, terlebih bagi perangkat dengan merek global yang populer.

"Kemkominfo sudah mengubah regulasi. Sekarang untuk global brand yang benar-benar bagus, tidak perlu mengajukan sertifikasi (biasanya memakan waktu dua bulan). Mereka tinggal letter of undertaking, bahwa produknya sudah comply dengan standar internasional," ucapnya.

Mengenai pembangunan pusat riset Apple di Indonesia, Rudiantara menuturkan bahwa prosesnya sedang berjalan. Pusat riset itu, katanya, akan menjadi wadah pelatihan para developer yang hasilnya dapat diterapkan ke produk Apple.

"Dengan adanya pusat riset itu, kami berharap aplikasi yang dikembangkan di Indonesia dapat di-embed di iPhone," pungkasnya.

 

1 dari 2 halaman

Berapa Harganya?

iPhone X segera hadir di Indonesia atau tepatnya pada Jumat, 22 Desember 2017. Tak hanya itu, seri smartphone Apple terbaru lainnya yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga akan melenggang di Tanah Air pada tanggal yang sama.

Informasi ini disampaikan oleh Djatmiko Wardoyo, Direktur Komunikasi dan Pemasaran Erajaya Group melalui pesan singkat, Jumat (8/12/2017) di Jakarta. 

"Telematika Artha Mandiri, anak usaha Erajaya Group akan segera menghadirkan produk-produk terbaru Apple pada 22 Desember 2017 yang terdiri dari iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus," ujar Djatmiko.

Ia memaparkan, ketiga iPhone terbaru tersebut akan tersedia di jaringan grup retail Erajaya, yaitu iBox, beberapa outlet Erafone, dan Urban Republic di seluruh Indonesia. 

Namun sayang, Djatmiko belum menginformasikan soal harganya. "Untuk harga ditunggu. Kami akan segera menginformasikannya," pungkasnya. 

Sebagai informasi, di negara tetangga seperti Singapura, ketiga resmi dipasarkan pada 3 November 2017. Di negara tersebut iPhone X dijual mulai 1.648 dolar Singapura atau sekitar Rp 16,4 juta. 

Sementara iPhone 8 dijual seharga 1.148 dolar Singapura atau sekitar Rp 11,3 juta dan iPhone 8 Plus dibanderol Rp 1.308 dolar Singapura atau sekitar Rp 12,9 juta.

Smartfren juga memberikan informasi terkait hal tersebut, di mana perusahaan akan menawarkan iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. 

"Smartfren akan menawarkan produk terbaru Apple pada Jumat, 22 Desember. Adapun produk yang ditawarkan antara lain iPhone X serta generasi baru iPhone 8 dan iPhone 8 Plus," kata Derrick Surya, VP Brand dan Marcomm Smartfren kepada Tekno Liputan6.com.

"Untuk harga, spesifikasi, paket data bundle dan lain-lain, kami baru merilis detailnya pada tanggal yang sama (22 Desember 2017)," tutupnya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Bukan iPhone 8, Ini Nama Smartphone Teranyar Apple