Sukses

2040, Robot Diprediksi Akan Curi Jenis Pekerjaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Robot diprediksi akan menggantikan berbagai pekerjaan manusia, salah satunya pekerjaan coding software terutama pada 2040.

Hal ini diramalkan oleh sekelompok peneliti dari Laboratorium Nasional Oak Ridge di Amerika Serikat. Seperti dikutip dari The Inquirer, Selasa (12/12/2017), mereka meramalkan algoritma machine learning dan kecerdasan buatan akan mengambil alih pembuatan kode dari manusia.

Dalam sebuah makalah berjudul "Will Human Even Write Code in 2040 and What Would That Mean fot Extreme Heterogeneity in Computing?" diuraikan, selama lebih dari dua dekade, coding mulai dilakukan secara otonomos dan teknologi cerdas lainnya.

"Tren pemrograman memperlihatkan bahwa pengembangan software akan mengalami perubahan radikal di masa depan. Kombinasi antara machine learning, kecerdasan buatan, natural language processing, dan teknologi coding akan meningkat sedemikian rupa, sehingga pada 2040, kebanyakan kode software akan dibuat oleh mesin, bukan manusia," kata para peneliti.

Tentunya, hal ini bukanlah kabar baik bagi para programmer software yang terampil di depan keyboard dan layar komputer selama bertahun-tahun.

Namun, hal ini belum dianggap sebuah akhir bagi para programmer software. Mereka tetap diperlukan untuk mengawasi kode yang dibuat oleh mesin dan robot.

"Mesin atau robot akan menuliskan kode di bawah arahan manusia sehingga hal tersebut memungkinkan manusia untuk lebih menikmati hidup, apalagi jika kita kesulitan membuat sistem," kata peneliti tersebut.

Dengan demikian, robot dan manusia bisa bekerja sama membuat kode program yang lebih cepat.

1 dari 2 halaman

Pekerjaan Manusia yang akan Digantikan Robot

Kepintaran robot dan teknologi kecerdasan buatan meningkatkan ketakutan manusia pada teknologi tersebut. Saking majunya teknologi kecerdasan buatan, sejumlah pekerjaan manusia pun terancam digantikan oleh robot.

Bahkan, dalam sebuah laporan disebutkan ada beberapa pekerjaan yang semula dikerjakan manusia akan dikerjakan oleh robot. Apa saja?

Menurut analisis lembaga Occupational Information Network (O*NET), ada beberapa pekerjaan manusia yang bisa digantikan oleh robot. Tak butuh waktu lama, para robot ini siap menggantikan posisi manusia mulai dari sekarang.

Laman Business Insider mencatat setidaknya ada 12 pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh robot. Bahkan, robot diyakini bisa bekerja lebih cepat ketimbang manusia pada 12 jenis pekerjaan ini, berikut daftarnya:

1. Pengukir

2. Petani

3. Pemeriksa asuransi properti

4. Tour Guide

5. Ahli robotik

6. Pegawai bea cukai

7. Paramedis

8. Ahli kimia

9. Operator telepon

10. Petugas ATC (Air Traffic Controller)

11. Agensi Travel

12. Petugas kantor pos

Soal robot yang akan menggantikan pekerjaan manusia, sudah menjadi ketakutan yang mengancam eksistensi umat manusia. Namun, di mata venture capitalist Marc Andreessen, fenomena semacam ini terjadi setiap 25 hingga 50 tahun. Kenyataannya, tak ada yang benar-benar terjadi.

Andreessen, yang turut mengembangkan Netscape, menyebut obsesi robot akan menggantikan manusia sudah terjadi sejak 100 tahun lalu.

Ketika itu, manusia takut akan kehadiran mobil yang disebut akan menggantikan pekerja manusia. Namun ternyata industri mobil sekarang telah menjadi salah satu bidang dengan pekerja manusia terbanyak.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Wah, Kecerdasan Buatan Bisa Kalahkan Manusia dalam Tes Membaca
Artikel Selanjutnya
Tahun Ini, Kamu Bisa Beli Robot Seks dengan Penis Bionik