Sukses

Demi Galaxy S9, Samsung Tingkatkan Kualitas Pemindai Iris Mata

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diyakini akan mengumumkan seri Galaxy S9 pada awal tahun depan. Berbagai laporan tentang smartphone tersebut telah beredar di internet, termasuk yang terbaru soal teknologi pemindai iris mata dan wajah.

Dilansir Phone Arena, Selasa (12/12/2017), dalam sebuah laporan baru disebutkan Galaxy S9 akan memiliki pemindai iris mata dengan resolusi yang lebih tinggi. Kedua hal tersebut akan meningkatkan kemampuan pengenalan sensor dan mempersingkat waktu untuk memindai wajah pengguna dari berbagai sisi.

Sensor kamera pemindai iris mata diperkirakan meningkat menjadi 3MP. Sebelumnya, pada seri Galaxy S8 dan Note 8 hanya 2MP.

"Berbagai lensa kamera iris akan ditingkatkan menjadi 3MP dari 2MP pada Galaxy S8 dan Galaxy Note 8, agar bisa menangkap gambar lebih jelas. Pemindai ini akan lebih jelas mengenali berbagai iris mata pengguna meski mereka sedang menggunakan kacamata, menggerakkan bola mata, serta dalam kondisi terlalu gelap atau terang," kata sejumlah sumber kepada Korea Herald.

Selain soal resolusi, Samsung juga dilaporkan sedang mengembangkan sebuah software agar sesuai dengan hardware yang lebih baik. Selain itu, juga untuk membuat tingkat pengenalan iris mata menjadi lebih baik.

Secara keseluruhan, pemindai iris mata baru pada Galaxy S9 dan S9 Plus diprediksi akan bisa melakukan pemindaian kurang dari satu detik. Namun, memang masih belum secepat pemindai sidik jari. Kendati demikian, Samsung akan terus berusaha menyempurnakan kedua fitur keamanan biometrik tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Spekulasi

Ada banyak spekulasi tentang Galaxy S9 termasuk waktu peluncuran, spesifikasi, dan harga jualnya. Spekulasi lain adalah soal pemindai sidik jari di dalam layar. Namun, seorang sumber yang mengetahui hal itu membantah spekulasi tersebut.

"Sangat tidak mungkin Galaxy S9 akan memiliki pemindai sidik jari di dalam layar karena berbagai tantangan teknis masih belum bisa diatasi," kata sumber tersebut.

Galaxy S9 juga diprediksi akan memiliki dua kamera belakang dengan optical image stabilization. Fitur ini membuat hasil foto tetap baik ketika terjadi guncangan pada kamera saat memotret.

Adapun juru bicara Samsung menolak memberikan komentar resmi mengenai peluncuran Galaxy S9. "Kami tidak memberikan informasi apa pun terkait dengan produk yang belum dirilis," ungkapnya.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.