Sukses

Distribusi Android Oreo dan Nougat Tumbuh Bersamaan

Liputan6.com, Jakarta - Distribusi sistem operasi (OS) Android kerap mengalami perubahan setiap bulan. Data terbaru yang dirilis oleh Google pun menunjukkan ada sedikit perubahan pada bulan ini.

Dilansir GSM Arena, Rabu (13/12/2017), distribusi OS Android Oreo (8.0) dan Nougat (7.0 dan 7.1) mengalami peningkatan dibanding bulan lalu.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Google selama tujuh hari yang berakhir pada 11 Desember 2017, kedua versi Android itu mengalami peningkatan distribusi antara 0,2 persen sampai hampir 0,3 persen.

Oreo yang merupakan versi Android terbaru naik dari 0,3 persen pada bulan lalu menjadi 0,5 persen pada bulan ini. Android Nougat juga mengalami pertumbuhan yang hampir serupa yaitu dari 20,6 persen menjadi 23,3 persen.

Data distribusi OS Android per 11 Desember 2017 (Foto: Ist)Di sisi lain, seluruh versi Android yang lain kecuali Ice Cream Sandwich mengalami penurunan. Android Marshmallow turun dari 30,9 persen menjadi 29,7 persen, Lollipop dari 27,2 persen menjadi 26,3 persen dan KitKat dari 13,8 persen menjadi 13,4 persen.

Android Gingerbread turun 0,1 persen dari 0,5 menjadi 0,4, sedangkan Ice Cream Sandwich tetap stabil di 0,5 persen. Data yang dirilis Google ini tidak memperlihatkan distribusi versi Android yang berada di bawah 0,1 persen.

1 dari 2 halaman

Pertama Kali, Oreo Nongol di Daftar Distribusi Android

OS Android Oreo perlahan tapi pasti mulai menunjukkan pamornya di daftar distribusi perangkat Android pada Oktober 2017.

Berdasarkan data yang dikumpulkan selama sepekan dan berakhir pada 2 Oktober 2017, versi OS 8.0 Oreo digunakan 0,2 persen perangkat Android. Oleh karena itu, data Oreo bisa tampil di daftar distribusi Android di situs web developer Google.

Sebelumnya, Google tidak mencantumkan data Android Oreo karena jumlah distribusinya masih kurang dari 0,1 persen.

Hal ini disebabkan belum begitu banyak perangkat mobile yang menggunakan OS tersebut. Perlahan tapi pasti, distribusi Android Oreo akan mengalami peningkatan seiring semakin banyak perangkat menggunakan OS terbaru itu.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Atasi Bugs di Mi A1
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Setop Update Android Oreo di Mi A1 Gara-Gara Bugs