Sukses

Baru Rilis, Desain iPhone X Sudah Ditiru Vendor Smartphone Ini

Liputan6.com, Jakarta - Dalam industri teknologi, desain baru sebuah smartphone yang dianggap inovatif seringkali ditiru oleh vendor lainnya.

Terbaru adalah vendor Tiongkok, Leagoo, yang meniru habis-habisan desain iPhone X untuk smartphone Android besutannya Leagoo S9. Bedanya, pada perangkat tersebut Leagoo menghadirkan pemindai sidik jari yang dihilangkan pada iPhone X.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Rabu (13/12/2017), Leagoo merupakan vendor smartphone lokal Tiongkok. Disebutkan, smartphone yang bentuknya mirip dengan iPhone X hanya akan dijual di Tiongkok.

Kendati sudah dirilis, per 12 Desember 2017, smartphone tersebut masih dalam tahap finalisasi.

iPhone X Tiongkok (Sumber: Phone Arena)

Tampilan fisik Leagoo S9 mulanya diduga menyerupai smartphone Samsung, dengan desain layar egde. Namun karena biaya produksinya lebih mahal dibandingkan yang diperkirakan oleh Leagoo, perusahaan lebih memilih tampilan iPhone X.

Sejauh ini, tidak ada data spesifikasi Leagoo S9 yang dibagikan. Selain itu tidak diketahui apakah ada fitur kamera ganda dengan lensa telephoto di bodi belakang smartphone ini.

Informasi yang beredar hanya layar Leagoo S9 memiliki ukuran 5,8 inci dengan aspek rasio 19,5:9. Sementara, pemindai sidik jari ditempatkan di bodi belakang, tempat Apple meletakkan logo apel.

Pada bodi samping kanan, terdapat tombol volume dan power. Selain itu, pada perangkat ini juga tidak ada tombol navigasi dan tidak ada tombol mute.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mirip Galaxy S8

Ini bukan pertama kalinya vendor smartphone Tiongkok menggarap perangkat yang tampilan fisiknya mirip dengan produk flagship dari vendor terkenal. 

Sebelumnya, beberapa vendor smartphone yang berupaya membuat smartphone dengan desain mirip Galaxy S8. Vendor Tiongkok, Meiigoo, memamerkan perangkat flagship yang bentuknya tampak sama persis dengan Galaxy S8.

Perusahaan mengatakan akan membekali perangkat yang bernama Meiigoo S8 itu dengan layar 3D glass di kedua sisinya, yakni sisi depan dan belakang.

Ulefone F2, smartphone berdesain Infinity Display yang terinspirasi Samsung Galaxy S8 (Sumber: YouTube/ Ulefone)

Tak seperti kebanyakan perangkat yang dibekali layar 2,5D glass dan mengombinasikan permukaan datar dengan sudut melengkung, Meiigoo S8 akan menghadirkan panel lengkung yang sepenuhnya terbuat dari kaca.

Sebelumnya, vendor Tiongkok Ulefone juga mengumumkan sebuah smartphone Ulefone F2. Ulefone F2 saat itu diklaim menjadi smartphone berlayar Infinity Display pertama yang mengusung RAM 8GB.

Hal tersebut diyakini karena sejumlah gambar smartphone yang tampak sangat mirip dengan Galaxy S8 ini sudah tersebar di dunia maya. 

Sama seperti Galaxy S8, pada bagian kanan layar lengkungnya menampilkan apps edge, yakni sekelompok aplikasi yang ditempatkan pada sisi lengkung dan akan terlihat saat lengkungan pada layar disentuh.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.