Sukses

Surat Cinta untuk Starla Paling Banyak Dicari di Google

Liputan6.com, Jakarta - Google Indonesia mengumumkan penelusuran terpopuler di Google sepanjang 2017. Berbagai pencarian peristiwa, tokoh, atau berita yang menciptakan tren penelusuran paling tinggi dipaparkan dalam acara yang digelar di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Hasilnya, ada 10 hal paling banyak dicari orang Indonesia di mesin pencari Google. Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, mengungkapkan, pencarian yang dilakukan orang Indonesia di internet sangatlah beragam. Kendati begitu, satu hal yang menjadi ciri khasnya adalah pencarian bersifat lokal.

"Daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas asli orang Indonesia. Dengan makin banyak orang mengenal internet, kita akan makin banyak melihat konten, kreator, dan bisnis lokal bermunculan di seluruh Indonesia. Kami di Google berkomitmen membantu konten-konten lokal ditemukan, kapan saja dan di mana saja," kata Keusgen.

Sekadar diketahui, untuk pertama kalinya dalam sejarah Year in Search di Indonesia, lagu dan film karya anak bangsa menempati dua peringkat teratas penelusuran terpopuler di Indonesia.

Adapun 10 besar pencarian terpopuler di Indonesia sepanjang 2017 di antaranya lagu "Surat Cinta untuk Starla", Pengabdi Setan, Setya Novanto, Pilkada DKI, SEA Games, Jokowi Mantu, Ayam Geprek, Raja Salman, Sidang Ahok, dan Om Telolet Om.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenapa Surat Cinta untuk Starla spesial?

Product Communication Lead Google Indonesia Putri Silalahi mengatakan, pencarian terhadap lagu "Surat Cinta untuk Starla'" bersifat konsisten dari Januari hingga Desember 2017.

"Kenapa 'Surat Cinta untuk Starla' ini spesial, karena orang mencari-cari terus liriknya, kunci gitar, arti liriknya, dan sekarang filmnnya mau keluar. Jadi orang terus mencari dan ini engaging," kata Putri ditemui di kesempatan yang sama.

Pencarian "Surat Cinta untuk Starla", kata Putri, tidak diduga-duga. "Tadinya mikir 'Despacito' atau 'Akad'--milik band Payung Teduh--tapi ternyata justru 'Surat Cinta untuk Starla' dan ini pencariannya di seluruh Indonesia," tuturnya.

Putri mengatakan, biasanya pencarian terpopuler dipengaruhi oleh pencarian terbanyak di Jakarta, Surabaya, Medan dan berbagai kota besar di Indonesia. Namun, khusus untuk "Surat Cinta untuk Starla" ini benar-benar merata di seluruh Indonesia.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.