Sukses

Asteroid Oumuamua Diklaim Pesawat 'Intel' dari Alien?

Ilmuwan dari Universitas Harvard berpendapat asteroid dari galaksi lain tersebut merupakan pesawat 'rahasia' yang dikirim alien. Apa benar?

Liputan6.com, California - NASA menemukan objek misterius pada akhir Oktober 2017. Setelah diteliti, objek tersebut ternyata adalah asteroid yang berasal dari Deep Space atau galaksi kuat yang tak diketahui keberadaannya.

Sayang, minimnya referensi dan pengetahuan terkait Oumuamua menjadi kendala bagi NASA untuk mengetahui karakteristik asteroid itu.

Namun masalah ini tampaknya tak terlalu berarti besar bagi Yuri Milner. Pasalnya, miliarder asal Rusia tersebut baru-baru ini meneliti terkait kemungkinan asal muasal Oumuamua lebih mendalam.

Pria yang memimpin program penelitian "Breakthrough Listen" tersebut baru saja bertemu dengan Avi Loeb, Kepala Departemen Astronomi di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Pertemuan keduanya ternyata membahas terkait penelitian Oumuamua lebih lanjut.

Loeb mengungkap pihaknya butuh waktu untuk mempelajari bentuk Oumuamua. Namun saat ia mempelajari asteroid tersebut, dirinya mengaku Oumuamua memang tidak memiliki bentuk normal seperti asteroid pada umumnya.

"Tampilannya tidak biasa. Jika memang ia berasal dari galaksi lain, apakah mungkin ini merupakan artefak milik makhluk ekstraterestrial? Atau sebuah 'pesawat' yang mereka kirim secara rahasia?," ungkap Loeb sebagaimana dikutip dari Mirror, Jumat (15/12/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berasal dari Gugusan Bintang Vega

Menurut analisis NASA, secara spesifik mungkin bisa saja komet ini 'melarikan diri' dari galaksi lain. Galaksi yang berbeda alam dengan manusia.

"Jika observasi berikutnya benar-benar memberikan konfirmasi asteroid ini memiliki sifat alami yang aneh, berarti ia benar-benar objek interstellar, asteroid yang berasal dari alam lain," tulis NASA dalam keterangan resminya.

Menurut NASA, asteroid ini mungkin berasal dari gugusan bintang Vega yang lokasinya sekitar 25 tahun cahaya dari Matahari.

Dalam kecepatannya, komet membutuhkan waktu sekitar 1,7 juta tahun untuk bisa berpindah dari Vega ke Matahari.

Jika demikian, asteroid ini telah terbang begitu lama di ruang hampa udara selama 1,7 juta tahun. Ia bisa saja masuk ke galaksi Bima Sakti karena tertarik gravitasi Matahari yang begitu kuat.

"Gaya gravitasi Matahari yang begitu besar mampu menarik benda-benda kecil seperti planet kerdil, asteroid, hingga komet. Tapi ia berasal dari alam lain, galaksi lain. Mungkin karena ia bergerak sangat cepat, ia tertarik oleh gravitasi Matahari dan masuk ke dalam galaksi kita," pungkas NASA.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.