Sukses

Berusia 245 Juta Tahun, Fosil 'Darth Vader' Ini Picu Perdebatan

Liputan6.com, New Mexico - Ahli paleontologi baru saja menemukan fosil baru berusia 245 juta tahun. Fosil tersebut diduga merupakan fosil kepiting purba jenis tapal kuda. Anehnya, fosil ini memiliki bentuk yang aneh dan malah tidak berbentuk seperti kepiting.

Menurut yang dilansir Mirror, Sabtu (16/12/2017), fosil berbentuk wajah karakter antagonis yang ada di seri film Star Wars, yakni Darth Vader.

Diteliti lebih seksama, badan kepiting purba ini justru malah memiliki bentuk mirip dengan helm karakter paling jahat di film perang bintang itu.

Padahal, menurut keterangan para paleontologi, cangkang kepiting purba tersebut memang lebih kecil ketimbang cangkang kepiting tapal kuda yang hidup di zaman sekarang.

Sontak saja fosil yang ditemukan ini memicu perdebatan banyak orang. Banyak yang tidak sependapat fosil mirip dengan wajah Darth Vader.

Beberapa menyebut, bentuk fosil kepiting itu memang cuma kebetulan saja dikatakan mirip dengan Darth Vader. Namun karena terlalu banyak yang bilang mirip, akhirnya fosil tersebut dinamai "Vaderlimulus Tricki".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berasal dari Era Triassic

Fosil yang dipublikasikan dalam jurnal paleontologi Jerman bertajuk "Neues Jahrbuch fur Geologie und Palaontologie" ini mengklaim fosil berasal dari periode Triassic.

Bahkan, ini merupakan fosil kepiting pertama yang ditemukan pada era Triassic. Sisanya ditemukan di periode-periode sebelumnya.

"Pada periode Triassic, dinosaurus dan mamalia baru saja memulai evolusi mereka. Tapi sebetulnya kepiting purba jenis tapal kuda sudah ada lebih lama dari itu," tulis arkeolog dari New Mexico Museum of Natural History dalam keterangan resminya.

Meski disebut kepiting, kepiting jenis tapal kuda sebetulnya tidak termasuk ke keluarga kepiting. Mereka justru termasuk dalam kategori Chelicerata yang lebih dekat dengan laba-laba jika dibandingkan dengan kepiting ada di zaman sekarang.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.