Sukses

Apple dan Vendor Tiongkok Diprediksi Gerus Pasar Samsung

Apple dan para vendor smartphone Tiongkok diprediksi akan menggerus pasar Samsung pada tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy S9 dan Note 9 diperkirakan tidak akan membantu menumbuhkan pangsa pasar Samsung pada tahun depan. Sebaliknya, Apple dan para vendor smartphone Tiongkok yang akan menuai buah manis berkat berbagai peningkatan produk-produk mereka.

Dilansir Softpedia, Jumat (15/12/2017), prediksi tersebut berasal dari perusahaan riset Strategy Analytics. Mengutip data dari Strategy Analytics, pangsa pasar Samsung diprediksi akan turun dari 20,5 persen pada tahun ini menjadi 19,2 persen pada tahun depan. Total pengapalan smartphone Samsung diperkirakan mencapai 315 juta unit.

Ini akan menjadi penurunan pertama Samsung secara year-over-year di luar 2016. Seperti diketahui, insiden meledaknya sejumlah Galaxy Note 7 saat itu, berdampak besar pada performa pangsa pasar Samsung.

Di sisi lain, Apple tampaknya akan menjadi perusahaan yang mengambil keuntungan dari penurunan performa Samsung. Pangsa pasar perusahaan asal Negeri Paman Sam itu diperkirakan naik dari 14 persen menjadi 14,3 persen secara global.

Hal ini kemungkinan berkat penjualan iPhone 8 dan X yang berjalan dengan baik. Penjualan iPhone X diperkirakan meningkat drastis pada awal 2018, menyusul Apple yang sudah bisa menyelaraskan produksi dengan permintaan pasar.

Penjualan iPhone X sejauh ini masih belum begitu lancar disebabkan sejumlah kendala produksi komponen, termasuk kamera pengenalan wajah Face ID. Penjualannya diperkirakan mulai berjalan mulus pada awal 2018, sehingga Apple bisa mengapalkan 234 juta unit smartphone pada tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vendor Tiongkok Naik Daun

Pada saat bersamaan, para vendor Tiongkok juga akan semakin naik daun pada tahun depan. Pangsa pasar sejumlah perusahaan tersebut akan mengalami peningkatan.

Strategy Analytics memperkirakan smartphone dengan harga terjangkau akan memberikan kontribusi besar untuk pertumbuhan pangsa pasar para vendor Tiongkok. Selain itu, juga akan membantu mereka ekspansi ke berbagai pasar berkembang.

Pangsa pasar Huawei dan Oppo diperkirakan mengalami peningkatan pada 2018, dengan masing-masing mencapai 10 dan 7,8 persen.

Adapun prediksi ini dinilai akan menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi Samsung, khususnya karena ada sejumlah rencana perubahan pada jajaran produknya untuk tahun depan.

Namun, Apple juga dilaporkan memiliki persiapan besar untuk smartphone terbarunya, termasuk menyertakan sistem pengenalan wajah untuk semua lini iPhone pada 2018.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.