Sukses

Gempa 7,3 SR, BMKG Beri Peringatan Dini Tsunami

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, gempa bumi mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada Jumat malam (15/12/2017) pukul 23.50. Peristiwa ini pun sontak menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu dini hari (16/12/2017), besar gempa mencapai 7,3 Skala Richter (SR). Terjadinya gempa di beberapa titik Jawa Barat dan Jawa Tengah bahkan berpotensi tsunami.

BKMG juga sudah mengeluarkan peringatan dini akan bahaya tsunami di Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Selain kata "gempa", #earthquake, BMKG, dan 7,3 SR, kata tsunami pun menyusul menjadi trending topic. Untuk lebih lengkap, berikut kumpulan cuitannya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Hampir 2 Menit

Salah satu tim Tekno Liputan6.com yang tinggal di apartemen pun turut merasakan guncangan gempa. Menurut keterangan, gempa berlangsung hampir dua menit.

Menurut keterangan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa ternyata mencapai 7,3 Skala Richter (SR).

Dari akun Twitter resminya, @BMKG membenarkan gempa terjadi di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan pusat gempa di kedalaman 105 kilometer.

"#Gempa Mag:7.3 SR, 15-Dec-17 23:47:57 WIB," cuit BMKG.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.