Sukses

Speaker Pintar Samsung Meluncur di Paruh 2018

Liputan6.com, Jakarta Lewat pernyataan President Mobile Division Samsung DJ Koh beberapa bulan lalu, Samsung mengakui pihaknya tengah mengembangkan speaker pintar. Meski tak ada informasi detail, kabar ini berhasil mencuri perhatian sejumlah pihak.

Terkini, menurut laporan terbaru, jadwal rilis speaker pintar ternyata sudah mulai terkuak. Dikutip dari GSM Arena, Minggu (17/12/2017), speaker pintar ini bakal tersedia pada semester pertama tahun depan.

Laporan itu juga menyebut bahwa speaker ini akan fokus pada kualitas audio. Area lain yang juga menjadi fokus adalah kemampuan speaker ini untuk mengontrol perangkat pintar di rumah, seperti lampu atau kunci.

Perangkat ini juga disebut dapat disinkronisasi dengan smartphone dan TV pintar. Untuk saat ini, Samsung dilaporkan tengah berupaya untuk meningkatkan kemampuan speaker untuk menjalankan pencarian web berbasis suara.

Adapun ukuran purwarupa dari speaker ini disebut berada di tengah-tengah Amazon Echo dan Apple HomePod. Menurut kabar, perangkat ini juga bakal tersedia dalam beberapa warna.

Meski belum ada informasi resmi, speaker ini kemungkinan besar akan dijual secara global. Samsung sendiri dikabarkan akan membanderol perangkat ini dengan harga sekitar US$ 200 atau Rp 2,7 juta.

1 dari 2 halaman

Andalkan Bixby

Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung memang dikenal cukup gencar mendorong produk smart home besutannya. 

Namun, mengingat produk serupa sudah cukup banyak di pasaran, bukan tak mungkin Samsung telah menyiapkan fitur andalan untuk menggaet pengguna. Terlebih, beberapa perusahaan teknologi lain sudah terjun ke pengembangan speaker pintar.

Rencana pengembangan speaker pintar ini memang sejalan dengan visi Samsung saat memperkenalkan Bixby. VP dan Head of R&D Software and Services Samsung, Injoong Rhee, menyebut Bixby tak hanya dikembangkan untuk smartphone, tetapi juga untuk kebutuhan lain.

"Dimulai dengan smartphone, Bixby secara bertahap akan diterapkan pada seluruh perangkat Samsung. Kami percaya Bixby dapat berkembang dari smartphone ke seluruh kehidupan," tuturnya saat perkenalan Bixby.

Sebagai informasi, Bixby sendiri hadir pertama kali di Galaxy S8. Bixby merupakan gabungan antara kecerdasan buatan dan keseluruhan sistem dan Application Programming Interface (API) yang terbuka untuk pengembangan pihak ketiga.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Sony Xperia XZ Pro Usung Layar 4K dan Kamera Ganda?
Artikel Selanjutnya
Intip Antusiasme Penjualan Perdana Samsung Galaxy A8 di Indonesia