Sukses

Top 3: Gempa Hantam Pulau Jawa hingga NASA Temukan 8 Planet Baru

Liputan6.com, Jakarta - Berita terpopuler Tekno Liputan6.com kali ini diramaikan oleh berita seputar gempa bumi berkekuatan 7,3 SR yang menghantam Pulau Jawa beberapa hari lalu.

Lainnya, NASA menemukan delapan planet baru berkat bantuan Google. Untuk mengetahui selengkapnya, simak tiga berita terpopuler pada Minggu (17/12/2017) berikut ini:

1. Gempa 7,3 SR, BMKG Beri Peringatan Dini Tsunami

Seperti diwartakan sebelumnya, gempa bumi mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada Jumat malam (15/12/2017) pukul 23.50. Peristiwa ini pun sontak menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu dini hari (16/12/2017), besar gempa mencapai 7,3 Skala Richter (SR). Terjadinya gempa di beberapa titik Jawa Barat dan Jawa Tengah bahkan berpotensi tsunami.

BKMG juga sudah mengeluarkan peringatan dini akan bahaya tsunami di Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Selanjutnya baca di sini

2. Gempa 7,3 Skala Richter Guncang Jakarta, Warganet Panik

Gempa Bumi mengguncang Jakarta dan sekitarnya pada Jumat malam (15/12/2017) pukul 23.51 WIB. Gempa dirasakan pada warga khususnya yang tinggal di bangunan tinggi seperti apartemen.

Salah satu tim Tekno Liputan6.com yang tinggal di apartemen pun turut merasakan guncangan gempa. Menurut keterangan, gempa berlangsung hampir dua menit.

Dan ternyata, gempa tak hanya berlangsung di Ibu Kota. Pantauan Tekno Liputan6.com, gempa juga mengguncang wilayah lain, bahkan hingga ke Yogyakarta. Salah satu rekan kami yang tinggal di Yogyakarta pun mengaku merasakan gempa.

Selanjutnya baca di sini

3. Berbekal Bantuan Google, NASA Berhasil Temukan 8 Planet Baru

NASA baru saja mengumumkan telah menemukan delapan planet yang mengitari sebuah bintang utama, mirip dengan tata surya. Kali ini, badan antariksa Amerika Serikat itu dibantu kecerdasan buatan Google.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (16/12/2017), planet baru ini ditemukan berlokasi di sekitar Kepler-90, bintang mirip Matahari yang berjarak 2.500 tahun cahaya dari Bumi. Kepler-90 sendiri ditemukan pertama kali pada 2014.

Lantas, bagaimana NASA menemukan delapan planet baru tersebut? Dengan kecerdasan buatan, para astronom mampu membaca sinyal 'lemah' dari data hasil tangkapan teleskop Kepler yang sebelumnya diabaikan.

Selanjutnya baca di sini

(Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.