Sukses

Libur Akhir Tahun, Instagram Hadirkan Filter dan Stiker Baru

Liputan6.com, Jakarta - Guna menyambut musim liburan akhir tahun, Instagram menghadirkan berbagai filter dan stiker baru pada Instagram Stories.

Filter pertama memperlihatkan tampilan mirip bunga es pada layar. Ketika pengguna mengusapnya, es tersebut akan mencair.

Sementara, filter selanjutnya adalah riasan wajah yang saat diketuk dengan jari bisa berubah menjadi riasan berbeda, terutama di bagian mata dan bibir. Ketiga adalah tampilan di bawah air.

"Kamu akan melihat tiga filter wajah baru untuk menyambut liburan. Cobalah riasan liburan yang berbeda, atau menggambar hati di kaca salju dan kirim pada seorang teman," kata Instagram seperti dikutip dari Ubergizmo, Senin (18/12/2017).

	Filter terbaru pada Instagram Stories (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Tidak hanya filter, pengguna juga bisa melihat ada beberapa stiker baru di Instagram Stories, berkaitan dengan musim liburan. Misalnya saja stiker secangkir cokelat panas dengan marshmallow, sepasang sarung tangan rajut, boneka salju, dan lain-lain.

Khusus untuk pengguna Instagram di perangkat iOS, mereka juga bisa menemukan filter warna untuk menambah kreasi Stories yang diunggahnya.

"Kalau kamu menggunakan iPhone, kamu juga bisa menemukan pembaruan filter warna pada kamera. Kamu hanya tinggal mengetuk ikon kamera, mengambil gambar, kemudian geser layar ke kanan atau kiri untuk menemukan beragam warna berbeda. Selanjutnya kamu hanya tinggal membagikannya kepada seluruh teman atau mengirim pada seseorang lewat direct message," kata Instagram. 

1 dari 2 halaman

Simpan Instagram Stories

Instagram Stories kini bisa disimpan pengguna di folder archive (kredit: Instagram)

Sebelumnya, Instagram juga kehadiran fitur baru, yakni menyimpan Instagram Stories yang telah diunggah. 

Mengutip laman The Verge, Stories yang sudah diunggah akan disimpan secara otomatis di folder archive. Fitur ini sudah dirilis untuk seluruh pengguna Instagram di Android dan iOS di seluruh dunia.

Arsip dari Instagram Stories akan disusun secara terbalik. Jadi, Stories terbaru akan berada di bagian paling atas. Nantinya, Stories akan dilengkapi informasi tanggal, sehingga memudahkan pengguna mengaksesnya.

Seluruh Stories yang tersimpan hanya dapat dilihat oleh pemilik akun. Sementara pengguna yang tak ingin menyimpan unggahannya, dapat mematikan fitur auto-archiving dari pengaturan profil.

Selain menyimpan unggahan di Stories, Instagram turut memperkenalkan fitur anyar bernama Highlight. Sama seperti archive, fitur baru ini merupakan pembaruan untuk layanan Stories.

Melalui fitur ini, kamu bisa menambahkan Stories yang diunggahnya pada laman profil. Instagram menuturkan, kehadiran Highlight merupakan perubahan terbesar yang dilakukan pada laman profil.

"Dalam banyak hal, seseorang ingin mengetahui dirimu melalui Instagram dan profilmu. Ini merupakan ruang penting, tapi menjadi salah satu yang tak berubah banyak," tutur Product Lead Instagram Robby Stein.

Pengguna dapat membuat Highlights sebanyak-banyaknya di laman profil. Sama seperti informasi di profil, Highlights akan terus muncul kecuali pengguna melakukan menghapusnya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Instagram Kini Tampilkan “Last Seen” Pengguna
Artikel Selanjutnya
Pengguna Bakal Bisa Pasang Stiker GIF di Instagram Stories