Sukses

3 Alasan Gamer Sejati Harus Pakai Router Gaming Khusus

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua gamer memikirkan apakah router yang digunakan saat ini mampu menunjang aktivitas bermain gim online dengan baik atau tidak.

Mereka biasanya lebih mengkhawatirkan soal performa prosesor, RAM, atau kartu grafis yang digunakan untuk mendukung permainan gim online.

Namun, ketika gim online yang dimainkan nge-lag, banyak yang menyalahkan layanan ISP (Internet Service Provider) yang buruk. Padahal, masalah koneksi internet yang digunakan saat bermain gim bukan dari ISP semata.

Hal ini karena banyak gamer yang tidak mengetahui spesifikasi router yang digunakan kurang mendukung gameplay gim online yang ada saat ini.

Guna mengatasi hal tersebut, Linksys meluncurkan router khusus gaming teranyar, yakni WRT32X. Apa yang membuat router gaming ini lebih unggul ketimbang router lainnya?

Tanpa panjang lebar, berikut adalah penjelasan singkatnya.

1. Killer Prioritization Engine

Bagi yang sudah bermain gim PC pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi jaringan nirkabel buatan Rivet Networks.

Terpasang di sejumlah laptop gaming kelas atas, teknologi ini secara otomatis mengidentifikasi laptop atau desktop yang menggunakan komponen Killer Networking serta memprioritaskan koneksi jaringan secara real-time dan streaming, sedangkan aktivitas online lainnya belakangan.

Linksys WRT32X. Liputan6.com/ Yuslianson

Dengan begini, Killer Networking akan menekan latency ke angka terendah dan mengoptimalkan bandwidth yang ada saat bermain gim online atau streaming--voice chat dan video--tanpa lag.

"Jadi, enggak ada yang namanya bermain gim CS:GO telat lompat, ngumpet atau menembak lawan. Semua akan berjalan dengan mulus dan tanpa patah," ungkap Teguh Prasetyo Mulyono, Product Support Specialist Linksys Indonesia di Jakarta, belum lama ini.

 

1 dari 3 halaman

2. Graphical User Interface (GUI) yang Sederhana

Tidak seperti antarmuka (User Interface, UI) milik vendor lainnya, UI yang Linksys hadirkan di router teranyarnya ini cukup intuitif dan sederhana untuk digunakan oleh pengguna awam sekalipun.

Lewat dashboard yang disuguhkan, kamu dapat memantau perangkat-perangkat apa saja yang terhubung ke internet melalui router, pengaturan jaringan lebih lanjut, dan melakukan uji coba kecepatan internet dengan hanya beberapa klik.

Seperti disebutkan sebelumnya, router WRT32X ini memang dioptimalkan untuk perangkat gaming berlabel Killer. Namun, bukan berarti laptop atau desktop gaming yang tidak ada label Killer ini tidak bisa "menikmati" koneksi internet yang optimal.

"Cukup beberapa klik di dashboard, koneksi internet untuk laptop atau desktop gaming tak berlabel Killer pun bisa diatur secara optimal layaknya yang berlabel Killer," ungkap Teguh.

So, bagi kamu yang tidak punya laptop atau desktop berlabel Killer jangan berkecil hati dulu, ya.

2 dari 3 halaman

3. Hardware Kelas Enterprise

Banyak dari kamu yang menggunakan router di rumah atau kantor tidak menyadari kalau router sama seperti PC atau laptop yang memiliki prosesor, RAM, dan storage untuk mendukung performa.

Adapun router WRT32X ini menggunakan prosesor Marvell 1.8 GHz dual-core, RAM DDR3 512MB, dan flash storage sebesar 256MB.

Sekadar informasi, router gaming Linksys WRT32X ini sudah dijual di pasaran dengan harga Rp 4,4 juta.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Artikel Selanjutnya
Minecraft Dimainkan 75 Juta Orang Per Bulan
Artikel Selanjutnya
10 Gadget Usang Ini Paling Keren pada Masanya