Sukses

Ini Strategi Advan Sabet Posisi 3 Besar di Indonesia

Advan adalah satu-satunya brand lokal yang menduduki top 3 brand smartphone terpopuler di Indonesia. Apa rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, Advan dilaporkan menjadi satu-satunya brand smartphone lokal yang masuk ke dalam Top 5 merek smartphone di Indonesia versi International Data Corporation (IDC).

Menurut laporan IDC di kuartal ketiga 2017, Advan berada di posisi ketiga mengalahkan Vivo (keempat) dan Xiaomi (kelima). Posisi pertama diduduki Samsung dan Oppo di peringkat kedua.

Sebelumnya pada Q1 2017, IDC menyebutkan Top 5 merek smartphone di Indonesia adalah Samsung, Oppo, Asus, Advan, dan Lenovo. Meningkatnya posisi Advan ke peringkat ketiga mampu menandakan merek lokal ini bisa mengalahkan merek global lain, seperti vendor raksasa Tiongkok, yaitu Xiaomi, Vivo, dan Lenovo.

Kunci kesuksesan Advan bisa menduduki peringkat ketiga terbesar di Indonesia pun diungkap oleh Business Management Advisor Advan Hasnul Suhaimi. Dikatakan olehnya, kuncinya ada pada kemajuan perangkat yang sangat signifikan dari seri i5C Plus, G1, G1 Pro, dan A8.

"Jadi, jika kita lihat, smartphone Advan telah bertransformasi dalam semua aspek yang dimiliki smartphone kelas global. Mulai dari chipset, kamera, audio, baterai, IDOS, material kualitas tinggi, serta desain produk yang kian elegan dan relevan dengan generasi muda sekarang ini," kata Hasnul dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (21/12/2017).

Hasnul pun mengakui salah satu kekuatan Advan terletak pada keamanan teknologi dan fitur lewat Advan Secure. Fitur ini otomatis menjadikan Advan sebagai smartphone pertama di Indonesia yang menawarkan deretan kecanggihan fitur kemanan untuk melindungi privasi pengguna dari berbagai risiko kehilangan atau pencurian data dan smartphone.

Pria yang juga sempat menjabat sebagai CEO XL Axiata ini menambahkan, strategi lain yang diupayakan Advan dalam memperkuat posisinya adalah dengan 'menebar' aspirasi ke masyarakat dengan spiri 'Do Great, Make Better' khususnya untuk generasi milenial di Tanah Air.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggandeng Brand Ambassador mulai dari grup musik GAC (Gamaliel Audrey Cantika) hingga Natasha Wilona dan Verrel Bramasta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Smartphone Karya Anak Bangsa

Marketing Director Advan, Tjandra Lianto, juga merasa bangga karena Advan mampu menjadi merek smartphone karya anak bangsa yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari konsumen di Tanah Air.

"Kami bangga kepercayaan konsumen Indonesia terhadap Advan semakin tinggi, di mana Advan saat ini menjadi satu-satunya brand nasional yang masuk dalam tiga besar merek smartphone yang beredar di Indonesia," ujar Tjandra di Jakarta.

Tjandra menuturkan, pencapaian ini semakin memacu semangat perusahaan untuk terus menghadirkan produk berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna Indonesia.

3 dari 3 halaman

Smartphone Baru Siap Meluncur pada 2018

Untuk 2018, Advan sendiri mengaku sudah menyiapkan seri smartphone terbarunya, yakni G2. Smartphone disebut akan menghadirkan fitur unggulan pada kamera depan yang ditujukan khusus bagi generasi milenial pecinta selfie.

Tak cuma selfie, Advan juga mengungkap smartphone akan disokong dengan spesifikasi yang tak kalah dengan smartphone global pesaingnya. Harganya pun dijamin akan lebih terjangkau.

Sayang, Advan tidak menjabarkan secara detail terkait ukuran MP dari kamera depan dan prosesor yang akan digunakan.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.