Sukses

Tips Jaga Smartphone Tetap Aman dan Nyaman Selama Liburan

Berikut ini adalah beberapa saran singkat untuk menjaga performa smartphone selama liburan agar tetap optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang liburan akhir tahun, tak sedikit orang sudah mulai mempersiapkan diri menyambutnya. Salah satu persiapan yang tak boleh dilupakan saat menyambut liburan adalah smartphone.

Hal ini lumrah, karena selain berfungsi sebagai alat komunikasi, smarphone kini dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Salah satunya adalah untuk mengambil foto dan membagikannya ke media sosial.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kondisi smartphone selama liburan agar dapat digunakan secara optimal.

Nah,untuk membantu kamu menjaga performa smartphone selama liburan, berikut ini ada beberapa tips singkat dari Samsung yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (26/12/2017).

1. Optimalkan Baterai

Baterai merupakan komponen penting dari sebuah smartphone. Sebab, baterai merupakan daya utama dari smartphone untuk melakukan beragam tugasnya.

Apabila baterai habis, hampir dapat dipastikan kegiatan, seperti mengambil foto atau membuka media sosial pun tak dapat dilakukan.

Untuk itu, ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar baterai smartphone-mu dapat bertahan lebih lama. Beberapa cara di antaranya adalah:

- Mengurangi tingkat keterangan layar (brightness level) dan nyalakan modus power saving

- Hindari penggunaan aplikasi yang dapat menyedot daya baterai dengan cepat

- Pastikan memakai kabel data dan charger asli

- Selalu isi ulang smartphone dalam kondisi listrik yang stabil, sebab listrik yang tak stabil dapat mempengaruhi performa baterai

- Manfaatkan fitur Device Maintenance yang ada di smartphone Samsung

- Pastikan bawa perangkat fast charging atau power bank

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jaga Kapasitas Memori

Merekam momen saat liburan merupakan salah satu aktivitas utama saat liburan. Karenanya, penting untuk mengatur kapasitas memori yang tersedia dengan cara-cara berikut ini.

- Atur manual kualitas foto menjadi lebih rendah agar dapat menyimpan lebih banyak

- Pastikan semua foto dan video disimpan dalam kartu memori

- Aktifkan fitur penyimpanan awan (Cloud), seperti Samsung Cloud

3. Lindungi Data Pribadi

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengamankan data yang berada di dalam smartphone. Meski tak diharapkan terjadi, kehilangan smartphone saat liburan tentu akan sangat mengesalkan.

Selain kegiatan terganggu, seluruh data yang ada di perangkat, mulai dari nomor telepon, foto, hingga data penting lain rentan dimanfaatkan  pihak tak bertanggung jawab. Kamu dapat meminimalisir masalah tersebut dengan sejumlah cara berikut ini

- Gunakan password di aplikasi dan data penting

- Aktifkan fitur smartphone Samsung, Find My Mobile untuk mendeteksi dan melindungi perangkat dari pencurian data. Dengan fungsi ini, kamu dapat mengurangi risiko kebocoran data yang ada di perangkat.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.