Sukses

Solusi Manajemen Database PostgreSQL Bantu Kalangan Korporasi

Solusi ini juga diperkenalkan di PostgreSQL Conference ASIA, ajang tahunan konferensi internasional di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, transformasi digital kini juga mendorong inovasi berbasis manajemen database open source.

Adapun biaya diklaim menjadi faktor pertimbangan penting dalam menghadapi pesatnya ekspansi informasi dan data di lingkungan perusahaan korporasi.

Karena itu, perusahaan penyedia software open source PostgreSQL menyediakan solusi manajemen sistem database komersial berbayar, yakni PostgreSQL 10.

Solusi ini juga diperkenalkan di PostgreSQL Conference ASIA, ajang tahunan konferensi internasional yang juga mempertemukan para pengguna, pengembang dan ahli PostgreSQL.

"Pasar Indonesia kini lebih membuka diri terhadap platform dan solusi database open source dalam bisnis yang menjadi peluang bagus untuk produk database open source seperti PostgreSQL," ujar CEO Equnix Business Solutions Julyanto Sutandang.

Julyanto menambahkan, Equnix juga berkontribusi menyediakan layanan pengaturan profesional POstgreSQL terbanyak di Indonesia. Solusi yang ditawarkan bahkan telah merambah banyak sektor eksklusif, mulai dari industri perbankan, finansial, dan masih banyak lagi.

PostgreSQL 10 sendiri diungkap memiliki peningkatan signifikan untuk menerapkan strategi menangani workload database modern. Strategi memecah dan menaklukkan ini juga diwujudkan dalam kemampuan distribusi data untuk mempercepat akses, manajamen, dan analisis data.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konferensi Tingkat Dunia

PostgreSQL Asia sendiri merupakan konferensi tingkat dunia yang diselenggarakan di Akihabara Convention Hall, Tokyo, Jepang pada 4-6 Desember 2017. Skala gelaran ini juga lebih besar dan dihadiri pegiat teknologi dari beberapa negara lain.

Konferensi ini juga menghadirkan beberapa kisah arsitek database Rusia, Andy Fefelov, yang berhasil mengembangkan platform database Business Intelligence (BI) untuk kelompok perusahaan farmasi terbesar di Irlandia.

Ia juga mengungkap fitur-fitur terbaik pada PostgreSQL, seperti replikasi logikal, ETL, ELT, paralelisme, hingga server khusus untuk mengoptimalkan kebijakan pembelian dan upaya pemasaran.

3 dari 3 halaman

Dampak Pada Perusahaan Korporasi

Perkembangan positif PostgreSQL juga memberikan dampak positif pada perusahaan korporasi di balik inisiatif manajemen data open source. Dengan demikian, PostgreSQL mengklaim hal ini menandakan bahwa masyarakat bisnis di Indonesia siap mengadopsi solusi PostgreSQL lebih mendalam.

Dan tak cuma itu, Indonesia pun sudah pasti membutuhkan open source untuk memperkuat perekonomian bangsa, menghemat biaya, serta menjamin integritas data dan keamanan.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.