Sukses

Peluncuran Johannes Kepler Tertunda

Peluncuran Johannes Kepler ke ISS ditunda. Sistem peluncur bahan bakar bermasalah empat menit sebelum misi dimulai.

Liputan6.com, Perancis Guiana: Peluncuran pesawat kargo luar angkasa Johannes Kepler ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tertunda. Shuttle berteknologi robotik itu mengalami kerusakan sistem peluncur bahan bakar empat menit sebelum misi dimulai. Johannes Kepler dijadwalkan kembali meluncur dari stasiun Perancis Guiana, Rabu (16/2) waktu setempat.

Berbobot sekitar 20 ton, kendaraan milik Agensi Luar Angkasa Eropa (ESA) itu disebut sebagai muatan terberat yang akan diangkat roket Ariane 5. Kepler direncanakan mengangkut makanan, udara, bahan bakar, eksperimen, dan perlengkapan lain bagi para astronot di ISS. Pesawat itu juga akan mendorong ISS ke posisi yang lebih tinggi dari sekarang.

Seperti dikutip bbc.co.uk, penundaan Kepler membuat pesawat ulang alik Discovery ikut gagal berangkat. Kedua shuttle menggunakan data satelit serupa, sehingga tidak memungkinkan adanya peluncuran ganda. Bila tak ada gangguan, Kepler dan Discovery akan merapat di ISS pada 24 dan 25 Februari.
 
Sebelumnya Progress 41 berhasil merapat di ISS. Pesawat tersebut mengantar sejumlah peralatan termasuk hadiah ulang tahun untuk kepala ISS Scott Kelly [baca: Pesawat Kargo Rusia Merapat ke ISS].(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini