Sukses

Sharp Siapkan Smartphone Bezeless Terbaru ala iPhone X?

Liputan6.com, Tokyo - Sebagai pelopor smartphone tanpa bezel (bezeless), Sharp sepertinya tidak mau mundur begitu saja melihat banyaknya vendor pesaing yang menghadirkan smartphone dengan konsep serupa.

Buktinya, belum lama ini perusahaan teknologi asal Jepang tersebut dikabarkan tengah menyiapkan smartphone bezeless terbaru.

Menurut yang dilansir GSM Arena pada Kamis (28/12/20217), seri smartphone bezeless teranyar Sharp ini memiliki kode nama "FS8015" dan informasinya sudah bocor lebih dulu lewat situs Tiongkok TENAA.

Uniknya, jika dilihat lebih detail pada gambar bocoran di bawah, smartphone Sharp tersebut memiliki desain yang identik dengan iPhone X.

Dari depan, layar smartphone tampak penuh menutupi bodi seperti iPhone X. Begitu pun dengan posisi kamera utamanya, ada dua lensa kamera ganda yang terpasang secara vertikal di pojok kiri.

Bedanya, di tengah bagian kover belakang ada sensor pemindai sidik jari. Jadi, bisa dikatakan smartphone ini masih tetap mengandalkan sensor pemindai sidik jari ketimbang pemindai wajah seperti yang ada di iPhone X.

1 dari 3 halaman

Spesifikasi Sama dengan Aquos S2

Terkait spesifikasi, smartphone ini kabarnya memiliki dapur pacu yang sama dengan seri Aquos S2. Layarnya 5,9 inci dengan rasio 18:9 dan mengusung resolusi 2.160x1.080 piksel.

Untuk chipset, prosesornya sendiri akan menggunakan Snapdragon 630 atau mungkin bisa juga 660. Kapasitas penyimpanan internalnya akan tersedia dalam dua opsi: 4 dan 6GB, sedangkan RAM-nya akan tersedia dalam 4 dan 6GB. Ia juga akan berjalan dengan sistem operasi Android Nougat dan ditopang dengan baterai 3.100mAh.

Untuk kamera sendiri, akan mengusung resolusi ganda 12MP dan 13MP. Adapun kamera selfie  dilengkapi dengan resolusi 16MP.

2 dari 3 halaman

Sempat Garap Smartphone Bezeless Mini

Sharp sendiri belum lama ini juga sempat menggarap seri smartphone bezeless lain yang mirip dengan Essential Phone. Smartphone bernama Aquos R Compact ini masih mengusung bezel dengan tombol home pada bagian bawah layarnya.

Menurut informasi yang dilansir The Verge, meski banyak yang berpendapat Aquos R Compact 'menjiplak' Essential Phone, upaya Sharp untuk mengembangkan smartphone bezeless kali ini terbilang besar.

Pasalnya, belum ada smartphone bezeless yang hadir dengan ukuran kecil. Ya, ukuran layar smartphone tersebut cuma 4,9 inci dengan resolusi Full HD.

Terkait spesifikasi, Aquos R Compact mengusung konfigurasi kelas menengah. Dapur pacunya diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Performa dayanya sendiri ditunjang baterai 2500mAh, dilengkapi dengan port USB Type-C dan telah berjalan dengan sistem operasi Android Oreo.

Adapun kamera utama Aquos R Compact terbilang cukup tinggi, resolusinya 16,4MP. Sementara, kamera depannya juga tak kalah tinggi yakni 8MP.

Tidak diungkap berapa harga dari Aquos R Compact. Yang pasti, smartphone ini hanya akan dijual lebih dulu di wilayah Jepang mulai Desember 2017 via Softbank. Smartphone akan tersedia dalam empat warna: Gold, Silber, Black, dan White.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Intip Antusiasme Penjualan Perdana Samsung Galaxy A8 di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Moto X5 Bakal Punya Empat Kamera?