Sukses

10 Jepretan Satelit Ini Dijamin Bikin Kamu Menganga

DigitalGlobe merilis serangkaian foto udara menakjubkan, yang menawarkan perspektif baru pada beberapa momen penting selama 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak peristiwa penting yang patut dicatat sepanjang 2017, mulai dari bencana alam hingga konflik politik dan fenomena alam yang luar biasa.

Namun menariknya, konflik yang terjadi justru tampak seperti pemandangan yang jauh lebih tenang ketika dilihat dari luar angkasa.

Perusahaan citra angkasa asal Amerika Serikat DigitalGlobe merilis serangkaian foto udara menakjubkan, yang menawarkan perspektif baru pada beberapa momen penting selama 2017.

"Kami melihat sejumlah tragedi, seperti kelaparan di Afrika dan Yaman. Kami juga melihat saat-saat kemajuan besar, seperti kemenangan strategis atas Negara Islam di Suriah dan Irak," ujar Dan Jablonsky, President of DigitalGlobe sebagaimana dikutip dari Mirror, Kamis (28/12/2017).

Jablonsky menuturkan konstelasi satelit DigitalGlobe berada di barisan depan untuk hal ini dan ribuan peristiwa yang berdampak besar lainnya di tahun 2017, mengumpulkan lebih dari 1 miliar kilometer persegi citra satelit komersial dengan kualitas terbaik di dunia.

"Gambar ini memungkinkan pemerintah, perusahaan komersial, dan LSM di seluruh dunia untuk memahami planet kita yang sedang berubah sehingga mereka bisa membuat keputusan dengan lebih percaya diri," pungkasnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa foto pilihan yang diungkap DigitalGlobe sepanjang 2017.

1. Women's March

Peresmian Presiden Amerika Serikat Donald Trump memicu gelombang protes dari organisasi wanita di kota-kota besar di seluruh Amerika Serikat dan dunia.

Gambar ini diambil oleh satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe pada 21 Januari 2017, yang menunjukkan demonstrasi besar-besaran di Denver.

2. Serangan Senjata Kimia di Suriah

Pada 7 April 2017, militer AS meluncurkan 59 rudal Tomahawk yang menyerang sebuah pangkalan udara Suriah di mana sebuah serangan senjata kimia diyakini berasal dari sana.

Gambar yang diambil pada 7 April 2017 oleh satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe ini menunjukkan kerusakan pada pesawat dan infrastruktur di lapangan udara Al Shayrat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Catalonia Menyatakan Kemerdekaannya dari Spanyol

Wilayah terkaya Spanyol, Catalonia, mendeklarasikan kemerdekaannya dalam sebuah referendum yang disebut inkonstitusional oleh pemerintah Spanyol.

Gambar ini diambil oleh satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe pada 6 Juni 2017, menunjukkan gedung Parlemen Catalan di Barcelona.

4. Gerhana Matahari Total di AS

Warga Amerika Serikat (AS) melihat gerhana matahari total pertamanya setelah 99 tahun pada 2017.

Gerhana Matahari Total di AS. Dok: DigitalGlobe

Gambar tersebut dibidik satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe pada 19 Agustus 2017, menunjukkan kumpulan warga yang menyaksikan gerhana di Big Summit Prairie, Oregon.

 

3 dari 5 halaman

5. Badai Harvey

Badai Harvey, Irma, dan Maria menimbulkan malapetaka dan menyebabkan kerusakan yang melanda seluruh Gulf Coast dan Karibia.

Gambar ini diambil pada 30 Agustus 2017 oleh satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe, menunjukkan banjir yang meluas di Brookshire, Texas.

6. Penembakan Massal di Las Vegas

Pada 1 Oktober 2017, seorang pria bernama Stephen Paddock menembaki sebuah konser di Las Vegas, menewaskan 58 orang.

Gambar ini dijepret oleh satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe pada 2 Oktober 2017, menunjukkan tempat hotel dan konser.

 

4 dari 5 halaman

7. Pasukan Irak Merebut Kembali Benteng ISIS

Pasukan Irak dan Angkatan Darat Arab Suriah mencapai kemenangan besar dalam pertempuran panjang melawan ISIS dan membebaskan banyak kota dari kendali mereka, terutama kota Irak Mosul serta kota-kota Suriah Deir ez-Zor dan Raqqa.

Gambar ini diabadikan satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe pada 9 Oktober 2017, menunjukkan pasukan Suriah berkumpul di alun-alun Al-Naim milik Raqqa yang dikelilingi oleh reruntuhan bangunan hancur.

8. Kebakaran Hutan di California

Dua kebakaran besar--di Napa dan Sonoma pada Oktober 2017--serta sebuah bencana yang sedang berlangsung di dalam dan sekitar Los Angeles. Bencana ini menewaskan puluhan orang di California, membakar ribuan rumah, dan menyebabkan kerugian besar.

Gambar ini diambil satelit GeoEye-1 milik DigitalGlobe pada 11 Oktober 2017, menunjukkan lingkungan Coffey Park yang terbakar parah di Santa Rosa.

 

5 dari 5 halaman

9. Teroris Melontarkan Bom Truk di Somalia

Sebuah bom truk meledak di Mogadishu, ibu kota Somalia. Perbuatan keji itu dilakukan oleh teroris Al Shabaab di mana lebih dari 500 orang terbunuh.

Gambar ini diambil satelit WorldView-3 milik DigitalGlobe pada 16 Oktober 2017, menampilkan kondisi setelah terjadinya pemboman tersebut.

10. Rudal Balistik Korea Utara

Korea Utara mengirimkan gelombang kejut ke seluruh dunia dengan mengumumkan keberhasilan besar dalam program rudal balistik antar-benua dan program nuklirnya.

Gambar ini dibidik satelit WorldView-2 milik DigitalGlobe pada 21 November 2017, memperlihatkan pabrik di Pyongsong di mana rudal Hwasong-15 ICBM diyakini telah dikembangkan di tempat tersebut.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.