Sukses

Meski Seukuran Jempol, Ponsel Mini Ini Punya Banyak Kelebihan

Liputan6.com, California - Satu lagi ponsel kerdil yang baru saja diperkenalkan. Ponsel bernama Zanco Tiny T1 ini diklaim memiliki ukuran paling kecil di dunia.

Jika diukur, dimensi ponsel ini cuma seukuran jempol orang dewasa! Bobotnya juga begitu ringan yakni cuma 13 gram.

Walau ukurannya super mini, Zanco selaku vendor pembesut ponsel mini tersebut mengklaim Tiny T1 punya banyak kegunaan.

Menurut informasi yang dilansir Business Insider, Rabu (27/12/2017), Zanco memang merupakan ponsel fitur (feature phone) yang cuma bisa digunakan untuk telepon dan SMS.

Sayangnya, ia cuma bisa berjalan pada jaringan 2G. Baterainya pun sangat kecil, yakni 200mAh saja. Jika digunakan dengan skala normal, ponsel ini bisa bertahan selama tiga hari.

Untuk spesifikasi, ponsel ini memiliki layar OLED berukuran 0,49 inci dengan resolusi 64x32 piksel. Ia juga dilengkapi dengan keyboard fisik numerik. Namun karena ukurannya terlampau kecil, pengguna harus menekan dengan satu jari saja agar tidak salah tulis.

1 dari 3 halaman

Spesifikasi Lebih Lanjut

Lebih lanjut, ponsel ini juga memiliki slot kartu nanoSIM dan bisa menyimpan hingga 300 kontak di dalam buku telepon.

Untuk dapur pacu, kamu jangan berharap spesifikasinya besar. Ponsel ini cuma memiliki RAM 32MB dan memori internal 32MB serta tidak bisa diekspansi dengan memori eksternal seperti microSD.

Namun, sebetulnya ponsel ini memiliki banyak kelebihan. Pertama, karena ukuran kecil, ponsel bisa digunakan secara diam-diam.

Menggunakannya dalam genggaman pun tak akan ketahuan orang lain. Selain itu, ponsel ini juga bisa digantungkan dalam kalung name tag.

2 dari 3 halaman

Ada Juga Ponsel Android Mini

Selain ponsel fitur, ponsel berbasis sistem operasi Android terkecil di dunia juga ada. Adalah Vphone S8, ponsel besutan perusahaan asal Tiongkok, yang kini menyabet gelar ponsel Android terkecil di dunia.

Bagaimana tidak, ponsel ini hanya memiliki layar berukuran 1,54 inci dan tombol tombol power. Sebagai gambaran, ponsel ini mungkin lebih tepat disebut smartwatch ketimbang ponsel.

Ponsel ini memang tak mengusung spesifikasi yang terbilang luar biasa. Ponsel ini hanya dibekali memori internal 128MB, RAM 64MB, baterai 380mAh, beberapa sensor, dan FM Radio.

Namun Vphone S8 sampai saat ini dipastikan hanya tersedia di pasar Tiongkok. Tak ada informasi resmi mengenai kemungkinan ponsel ini akan menyambangi wilayah lain atau rilis secara global.

Vphone S8 bukan satu-satunya ponsel yang menyandang predikat ponsel Android terkecil. Sebelumnya, ada Posh Mobile Micro X S240 yang berukuran layar 2,4 inci.

Ponsel ini didukung oleh ruang penyimpanan internal seluas 4GB, dipersenjatai dengan RAM 512MB, prosesor dual core, kamera depan 2MP, dan berjalan di Android 4.4 KitKat.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pertama di Dunia, Ini Smartphone dengan Baterai 13.000mAh
Artikel Selanjutnya
Ini Smartphone yang Paling Banyak Dikloning di 2017