Sukses

Tangkal Penipuan Online, Ini Cara Cerdas Gunakan e-Money

Liputan6.com, Jakarta - Derasnya arus tranformasi digital saat ini telah berdampak pada tingginya perubahan di berbagai sektor, termasuk dalam hal transaksi finansial.

Kini, produk perbankan seperti uang tunai pun turut bertransformasi menjadi e-Wallet, e-Cash, dan uang elektronik (e-Money) serta beragam bentuk uang digital lainnya.

e-Money tentunya harus digunakan secara cerdas agar terhindar dari kejahatan penipuan online. Walaupun menawarkan banyak keuntungan, kamu harus menggunakannya dengan bijak agar tetap terkontrol, aman, dan terhindar dari berbagai modus penipuan.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, berikut tips memanfaatkan e-Money secara cerdas dari Mandiri e-Cash, Kamis (28/12/2017) di Jakarta.

Perlakukan Layaknya Uang Tunai

Meskipun penggunannya mudah, e-Money harus tetap digunakan secara bijaksana dengan mempertimbangkan aspek pendapatan dan pengeluaran.

Layaknya uang tunai, penggunaan e-Money harus difokuskan pada pengeluaran sesuai pos anggaran dan kebutuhan kamu. Caranya, kamu bisa menggunakan aplikasi yang dapat membantu memantau dan mengatur pengeluaran.

Pahami Fitur dan Mekanisme e-Money

Sayangnya, tak sedikit orang yang memanfaatkan e-Money untuk melakukan berbagai penipuan online. Agar terhindar dari modus penipuan, kamu harus memahami berbagai perkembangan, fitur, dan mekanisme yang terdapat di dalam layanan e-Money.

Misalnya, jika kamu menggunakan salah satu layanan e-Money, kamu bisa mengecek informasi terkini dari layanan produk tersebut di situs resminya agar terhindar dari pencobaan penipuan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

 

1 dari 2 halaman

Hindari Panduan Orang Lain di ATM

Ingat, kegiatan perbankan merupakan hal yang sangat rahasia. Oleh karena itu, kamu tidak membutuhkan panduan atau pun arahan orang lain soal cara mengambil uang, melakukan transfer atau top-up (pengisian saldo) e-Money di ATM.

Hindari hal seperti ini, apalagi jika kamu harus dipandu oleh orang lain yang tidak dikenal melalui telepon.

Jangan Mudah Tergoda

Salah satu penyebab tingginya tingkat kejahatan di bidang perbankan adalah korban yang terlalu mudah diiming-imingi sejumlah uang, hadiah atau promo palsu dari pelaku kejahatan.

Padahal, produk e-Money sering menghadirkan promo dan tawaran menarik yang terjamin kebenarannya. Kesimpulannya adalah jangan mudah tergoda dengan promo menggiurkan yang tak resmi.

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
10 Contoh Cara Bijak Pakai Kartu Kredit
Artikel Selanjutnya
Ingin Terhindar dari Sifat Boros? Coba Cara Ini