Sukses

Prosesor Exynos Generasi Terbaru Rilis 4 Januari

Liputan6.com, Las Vegas - Setelah mengumumkan kehadiran prosesor generasi teranyar, Exynos 9810, Samsung akhirnya memastikan bakal meluncurkan prosesornya ini pada awal 2018, tepatnya 4 Januari.

Informasi ini terungkap dari pengumuman Samsung lewat akun Twitter Samsung Exynos, @SamsungExynos pada Kamis, 28 Desember 2017. Dalam kicauannya, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mengunggah gambar bertuliskan "Beyond a Component" dengan "Jan.04.2018".

"Segera temukan#TheNextExynos yang performanya melebih sebuah komponen. Tetap bersama kami," kicau Samsung, sebagaimana dilansir Ubergizmo, Senin (1/1/2018).

Bisa jadi, Samsung akan memperkenalkan debut prosesor teranyarnya ini di gelaran CES (Consumer Electronic Show) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Mereka pun kemungkinan akan membawakan sesi presentasi terkait fitur terbaru dan keunggulan Exynos 9810.

Untuk diketahui, Exynos 9810 masih mengandalkan pabrikasi 10nm yang sama seperti Exynos 8895. Performa prosesor tersebut sudah pasti akan lebih baik dan mampu memberikan kapasitas daya yang lebih imbang. Terkait apakah Exynos 9810 bakal digunakan untuk Galaxy S9, Samsung masih bungkam.

 

1 dari 3 halaman

Performa Lebih Baik

Samsung diketahui masih meningkatkan performa prosesor dari sisi pabrikasi. Pasalnya, jika Exynos 9810 masih mengandalkan pabrikasi 10nm, bisa jadi Galaxy S9 prosesornya justru akan memiliki pabrikasi 8nm.

Pada kenyataannya, prosesor Qualcomm yang juga disematkan pada smartphone Samsung--seperti Snapdragon 845--juga akan diproduksi dengan pabrikasi yang lebih rendah lagi, yaitu 7nm.

Menurut informasi yang disampaikan Phone Arena, Exynos 9810 juga akan menggunakan teknologi baru dari modem 6CA. Ia bisa melakukan transfer data hingga 1,2 Gbps dan diklaim siap untuk 5G.

2 dari 3 halaman

Bakal Usung Kecerdasan Buatan?

Rumor menyebut prosesor terbaru Samsung juga akan mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). Namun, belum bisa dipastikan apakah Exynos 9810 benar-benar mengusungnya. 

Akan tetapi, Galaxy S9 disebut-sebut bakal menjadi smartphone pertama yang kebagian prosesor tersebut. Dengan demikian, smartphone tersebut akan memiliki kecerdasan neural engine seperti Apple A11 Bionic pada iPhone 8, 8 Plus, X, dan Kirin 970 pada Huawei.

Diketahui, dalam penggarapan prosesor generasi teranyarnya itu, Samsung menggandeng perusahaan manufaktur Tiongkok bernama DeePhi Tech. Kemitraan keduanya bahkan telah mencapai tahap investasi.

Sekadar informasi, DeePhi Tech memang bergerak di bidang pengembangan kecerdasan buatan dan mengimplementasikannya ke beberapa perangkat keras, seperti prosesor smartphone dan laptop.

Klien dari DeePhi Tech pun kebanyakan berasal dari perusahaan teknologi besar, sebut saja Amazon, MediaTek, hingga Samsung. DeePhi Tech akan mengembangkan jaringan neural khusus yang nanti arsitekturnya akan disematkan ke dalam chipset.

Jaringan neural akan melakukan pendalaman algoritma yang akan terhubung ke komponen lain. Dengan demikian, prosesor Exynos terbaru besutan Samsung bisa bekerja lebih cerdas, proaktif, dan tentunya lebih cepat dari semua versi yang sudah diluncurkan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

 

Artikel Selanjutnya
HMD Punya Kejutan Spesial Bulan Depan
Artikel Selanjutnya
Galaxy S9 Diumumkan pada 26 Februari 2018