Sukses

Jepang Kembangkan Mobil Transformer Seharga Rp 1 Miliar

Mobil transformer yang mampu berubah menjadi robot ternyata benar-benar ada, dan merupakan hasil buatan Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Transformer atau mobil yang bisa berubah menjadi robot ternyata bukan hanya ada dalam film. Terbaru, sebuah mobil elektrik yang bisa berubah menjadi robot dikembangkan di Jepang.

Mobil konsep ini tengah dipersiapkan untuk mendapatkan persetujuan agar bisa beroperasi di jalanan. Sebagaimana dikutip Daily Mail, Sabtu (30/12/2017), kini mobil Transformer tersebut juga mulai dijual kepada publik seharga US$ 70.000 (setara Rp 1 miliar).

Mobil Transformer ini memiliki nama Earth-1 dan bukan terinspirasi dari serial kartun dan film Transformer, melainkan dari anime Jepang berjudul Mobile Suit Gundam, mengenai robot yang bisa berubah bentuk.

Desain Earth-1 digarap oleh seorang kartunis bernama Kunio Okawara dan dikembangkan oleh startup yang bermarkas di Tokyo, Four Link Systems.

Meski belum mendapatkan persetujuan untuk beroperasi di jalan, Four Link Systems telah menerima beberapa pesanan yang datang dari Jepang dan luar negeri. Salah satunya bermaksud menjadikan Earth-1 sebagai kendaraan ride-sharing.

Earth-1 sendiri memiliki bodi kompak dan memungkinkannya untuk berubah bentuk, mirip dengan bentuk kokpit pada robot gundam di anime Mobile Suit Gundam. Sementara, mobil ini digerakkan dengan roda kemudi dan pengguna bisa mengubah mobil dengan sebuah joystik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Foto-Foto Mobil Transformer

Four Link Systems mengatakan, lantaran tak bisa berkompetisi dengan pembesut mobil lain dari segi performa, biaya, atau merek, engineer Earth-1 fokus pada desainnya yang berbeda dari kendaraan lainnya.

Mobil transformer saat diuji coba (Sumber: Daily Mail)

Dengan bantuan dari desainer gundam, tim engineer mengembangkan kendaraan mirip robot yang mampu berjalan di jalan umum.

	Mobil transformer bisa berjalan di jalanan (Sumber: Daily Mail)

"Seiring dengan dikembangkannya mobil ini, kami menyadari ada sebuah mimpi yang pernah diimpikan oleh semua orang," kata pihak Four Link Systems mengenai bentuk unik mobil berubah tersebut.

	Mobil transformer saat bertransformasi (Sumber: Daily Mail)

"Kalau dilihat dari sisi langkanya, Earth-1 mengalahkan Lexus," tutur perusahaan.

	Mobil transformer (Sumber: Daily Mail)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.