Sukses

LG dan Apple Belum Sepakat Soal Panel OLED iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan LG sejak beberapa waktu lalu dikabarkan tengah menjajaki kerjasama mengenai suplai panel OLED untuk iPhone X. Namun sampai saat ini, ternyata kedua perusahaan belum mencapai kata sepakat.

Dilansir Softpedia, Jumat (29/12/2017), LG dalam sebuah dokumen menyatakan perusahaan belum membuat satu panel OLED pun untuk iPhone X. Selain itu, LG juga menambahkan bahwa belum ada kesepakatan yang dicapai dengan Apple mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, Apple dilaporkan melirik LG sebagai penyuplai baru panel OLED untuk iPhone X agar tidak terlalu bergantung pada Samsung. Rival senegara LG tersebut merupakan satu-satunya penyuplai panel OLED untuk Apple saat ini.

Berbagai laporan rencana tentang kerja sama Apple dan LG ini telah banyak beredar. Salah satunya menyebutkan Apple telah berinvestasi pada sebuah fasilitas produksi LG, yang fokus sepenuhnya memproduksi layar iPhone.

Kendati demikian, para eksekutif Apple dan LG belum memberikan pernyataan resmi apa pun. Namun setidaknya dengan dokumen terbaru LG, diketahui bahwa kedua perusahaan belum menjalin kerja sama untuk suplai panel OLED.

1 dari 2 halaman

Keberuntungan Samsung dengan iPhone X

Samsung dan Apple memiliki hubungan yang cukup unik. Kedua perusahaan merupakan rival kuat di pasar smartphone, tapi juga saling bergantung sebagai mitra bisnis. Salah satunya, Samsung saat ini merupakan penyuplai eksklusif layar iPhone X dan kerja sama ini diperkirakan terus terjalin setidaknya sampai semester I 2018.

Menurut sebuah laporan, Apple berencana membeli tidak kurang dari 200 juta panel OLED dari Samsung pada 2018. Pembelian ini akan mengucurkan pendapatan sebesar US$ 22 miliar ke kantong perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut.

Samsung memproduksi sekira 50 juta panel iPhone X pada tahun ini dengan tingkat yield mencapai 90 persen pada Desember. Kemungkinan kapasitas produksi akan ditingkatkan ke level maksimal pada akhir tahun atau awal 2018.

Lebih lanjut, Apple akan menggunakan lebih banyak panel OLED untuk iPhone pada tahun depan. Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu diperkirakan merilis satu iPhone baru dengan panel OLED pada 2018.

Jika demikian, LG tidak akan menggantikan Samsung sepenuhnya, karena kemungkinan keduanya akan berkolaborasi untuk menyuplai panel tersebut untuk iPhone X dan generasi terbaru pada tahun depan.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Belum Setahun, Apple Setop Produksi iPhone X?
Artikel Selanjutnya
Penjualan Melemah, Analis Pangkas Prediksi Pengapalan iPhone X