Sukses

Apple Sengaja Perlambat iPhone, Cek 7 Tanda Berikut Ini

Apple baru saja merilis daftar tanda-tanda iPhone yang terdampak penurunan performa melalui pembaruan terkini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah mengakui pihaknya sengaja memperlambat performa sejumlah iPhone lawas melalui pembaruan terkini. Hal itu dilakukan untuk menjaga baterai di perangkat yang kian termakan usia.

Namun tak banyak pengguna yang menyadari seperti apa penurunan performa yang terjadi pada iPhone setelah hal ini. Untuk membantu hal tersebut, Apple pun merilis sejumlah fungsi di perangkat yang terpengaruh penurunan performa.

Apabila kamu merasa sejumlah tanda-tanda di bawah ini terjadi kepada perangkatmu, hampir dapat dipastikan memang iPhone itu terdampak penurunan performa. Apa saja? Berikut ini tanda-tanda iPhone yang mengalami hal tersebut, seperti dikutip dari Phone Arena, Sabtu (30/12/2017).

1. Waktu peluncuran aplikasi lebih lama

2. Frame rates lebih rendah saat menggeser layar

3. Layar yang meredup

4. Volume speaker turun hingga -3db

5. Penurunan frame rate di sejumlah aplikasi

6. Flash kamera tak dapat menyala di beberapa kasus

7. Aplikasi yang ada di background perlu dimuat ulang saat dibuka kembali

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Fungsi yang Tak Terpengaruh

Selain daftar kemampuan yang terdampak penurunan performa, Apple juga merilis sejumlah fungsi yang tak terpengaruh. Apa saja fungsi tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1. Kualitas panggilan seluler dan performa jaringan

2. Kualitas foto dan video yang diambil

3. Performa GPS

4. Akurasi fitur 'Location'

5. Sensor seperti gyroscope, accelerometer, dan barometer

6. Apple Pay

Sekadar informasi, Apple sendiri telah meminta maaf atas keputusannya memperlambat sejumlah fungsi di iPhone lawas. "Kami tahu kalian pasti berpikir Apple telah mengecewakan kalian. Kami minta maaf," tutur perusahaan yang berbasis di Cupertino itu. 

Karena hal ini, Apple pun memberikan kompensasi kepada pelanggan berupa potongan harga bagi pemilik iPhone 6 dan setelahnya yang ingin mengganti baterainya hanya dengan US$ 29.

Di samping itu, Apple juga menyebutkan akan memperkenalkan fitur atau teknologi baru pada pembaruan (update) iOS 11 yang memungkinkan pengguna memantau kinerja baterai.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.