Sukses

Yuk, Bikin Layar Smartphone Tampak Baru dengan Bahan-Bahan Ini

Layar smartphone baret tentu hal biasa dalam pemakaian, nah berikut adalah bahan-bahan yang bisa dipakai untuk membuat layar tampak baru.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone yang sudah dipakai beberapa lama kadang tak lagi mulus, terutama bagian layar.

Saat dikantongi dan ditaruh tas, layar smartphone baret kendati sudah dilapisi antigores. Namun ternyata ada cara agar layar smartphone kamu bisa terlihat seperti baru tanpa harus menggantinya.

Cara merawatnya pun mudah dan menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan sehari-hari. Apa saja?

1. Pasta Gigi

Pasta gigi selain untuk menyikat gigi juga bisa dipakai untuk menghilangkan goresan pada smartphone kamu. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada kain halus kemudian gosokkan pelan-pelan pada layar smartphone kamu secara merata.

Usapkan dengan gerakan melingkar hingga goresan dan baret-baret di layar mulai memudar. Jika goresan halus sudah memudar, gunakan lap basah untuk menghilangkan bekas pasta gigi di layar smartphone.

Ilustasi pasta gigi (iStock)

2. Krim Pembersih Mobil

Bahan lain yang bisa digunakan untuk memoles layar smartphone dan menghilangkan goresan halus adalah krim pembersih mobil atau motor.

Caranya kamu hanya perlu mengoleskan krim ke kain lembut kemudian gosok ke layar smartphone kamu secara merata. Seperti goresan di bodi mobil, goresan di layar smartphone akan memudar atau bahkan hilang dengan krim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karet Penghapus Pensil

3. Karet Penghapus Pensil

Penghapus pensil selain dipakai untuk menghapus tulisan dari pensil juga biasa dipakai untuk membersihkan komponen elektronik. Tapi tidak hanya itu, karet penghapus pensil juga bisa dipakai untuk menghilangkan bekas goresan di layar smartphone.

Caranya dengan menggosokkan karet penghapus ke goresan di layar smartphone hingga goresan itu perlahan memudar, bahkan menghilang.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga termasuk salah satu bahan sehari-hari yang bisa digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan goresan di layar smartphone.

Caranya kamu hanya perlu mengusapkan 1-3 tetes minyak kayu putih di layar smartphone. Jika goresan sudah mulai menghilang, kamu bisa membersihkannya dengan tisu.

3 dari 3 halaman

Baking Soda dan Bedak Bayi

5. Baking Soda dan Bedak Tabur Bayi

Kamu bisa membersihkan bekas goresan pada layar smartphone dengan baking soda. Caranya dengan mencampurkan baking soda dan air, komposisinya 2:1 untuk baking soda.

Kemudian kamu bisa mengoleskannya ke layar smartphone dan menggosoknya hingga goresan menghilang, lalu kamu bisa mengelapnya dengan kain kering.

Ilustrasi: Baking soda (Sumber Flickr)

Kamu juga bisa membersihkan goresan pada layar smartphone dengan bedak, caranya dengan mencampurkannya dengan air agar menghasilkan pasta kental. Nantinya pasta ini diusap ke layar smartphone dengan kain.

Setelah pasta bedak diusap dan goresan di layar mulai menghilang, gunakan kain lembut untuk menghilangkan sisa pasta bedak tersebut.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.