Sukses

Mengintip Daftar Smartphone Nokia 2018 yang Bocor di Internet

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global diketahui sudah memiliki daftar smartphone yang siap rilis tahun depan. Salah satu yang ditunggu-tunggu kehadirannya adalah Nokia 1 dan Nokia 6 2018.

Namun, kabar terbaru menyebut, perusahaan asal Finlandia itu sebenarnya sudah menyiapkan lebih banyak model untuk tahun depan. Informasi ini diketahui dari informasi versi terbaru aplikasi Nokia Camera.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (31/12/2017), dalam deskripsi Nokia Camera, aplikasi itu rilis untuk Nokia 5 dan sejumlah smartphone lain, termasuk yang belum diperkenalkan secara resmi, seperti Nokia 1.

Sementara daftar seri Nokia yang akan mendapat pembaruan tersebut dan sudah diperkenalkan sejauh ini adalah Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7, dan Nokia 8.

Selain daftar tersebut, ternyata ada dua model smartphone yang belum terdengar sebelumnya, yakni Nokia 4 dan Nokia 7 Plus. Seri premium Nokia 9 juga dipastikan mendapat pembaruan aplikasi itu.

Jika kabar ini benar, berarti HMD Global setidaknya bakal memperkenalkan lima model anyar di tahun depan. Seri smartphone itu adalah Nokia 1, Nokia 4, Nokia 7 Plus, Nokia 6 Plus, dan Nokia 9.

Sayangnya, tak ada informasi resmi dari perusahaan tersebut mengenai seluruh smartphone Nokia tersebut. Karena itu, menarik untuk menunggu pengumuman dari HMD Global yang disebut akan dilakukan pada gelaran MWC 2018.

1 dari 2 halaman

Nokia 1 Jadi Bagian Android Go

Khusus untuk Nokia 1, smartphone ini digadang-gadang akan menjadi seri Nokia yang masuk dalam program Android Go, sistem operasi yang dikembangkan khusus oleh Google untuk perangkat entry level.

Karena Android Go ditujukan untuk smartphone murah, perangkat ini didukung dengan spesifikasi yang terbilang standar. Nokia 1 akan dipersenjatai RAM 1GB dan memori internal 8GB yang dapat diperluas.

Akan tetapi, layar perangkat ini sudah beresolusi HD (720p), hal tak biasa yang diterapkan di smartphone entry-level. Sayangnya, spesifikasi lain dari perangkat ini belum diketahui.

Menurut rencana, Nokia 1 akan memulai debut di sejumlah pasar pada Maret 2018 dan dibanderol dengan harga sekitar 80 Euro (Rp 1,2 juta). Selain Nokia, vendor lain yang digadang-gadang turut memproduksi perangkat untuk Android Go adalah Huawei.

Android Go sendiri adalah sistem operasi untuk perangkat low-end (smartphone murah). Meski berbasis Android Oreo, sistem operasi ini didesain agar mampu berjalan optimal di perangkat dengan RAM 512MB atau 1GB.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
HMD Punya Kejutan Spesial Bulan Depan
Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: Penampakan Boks Galaxy S9 Tuai Perhatian