Sukses

Pertama di Dunia, LG Akan Pamer Layar OLED 88 Inci Beresolusi 8K

Layar OLED 88 inci dengan resolusi 8K ini rencananya akan debut di gelaran CES 2018.

Liputan6.com, Las Vegas - LG dikabarkan akan memperkenalkan teknologi layar OLED terbarunya di gelaran CES (Consumer Electronic Show) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat.

Layar tersebut akan menjadi layar pertama di dunia karena mengusung ukuran 88 inci dengan resolusi yang tak main-main, yakni 8K (7680 × 4320 piksel).

Menurut informasi yang dilansir Ubergizmo, Rabu (3/1/2018) upaya LG memproduksi layar 8K dianggap selangkah lebih maju ketimbang para vendor pesaingnya.

Pasalnya, 4K (3840 x 2160 piksel) kini telah menjadi resolusi 'standar' yang sudah hadir di layar-layar TV selama beberapa tahun terakhir. Jadi, sudah bukan rahasia lagi jika resolusi tajam berikutnya langsung loncat ke 8K.

Menurut keterangan LG, kepadatan resolusi itu membuat layar 16 kali lebih tajam ketimbang layar full HD dan empat kali lebih pekat ketimbang ultra-high-definition (UHD).

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini juga mengklaim layar tersebut mengusung ukuran ramping. Meski 88 inci, bukan berarti layarnya tebal.

Sebab, layar OLED tidak mengeluarkan emisi cahaya seperti LCD. Ini artinya, komponen layar LG juga bisa menggunakan lebih sedikit energi ketimbang layar lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tonggak Sejarah LG

Menurut Executive Vice President LG dan Chief Techinology Officer LG In-Byung Kang, hadirnya layar 88 inci dengan resolusi 8K tersebut menandakan tonggak sejarah baru bagi perusahaan. Hal ini juga menandakan bahwa LG merupakan salah satu perusahaan terdepan dalam produksi panel layar OLED.

"OLED adalah generasi terbaru yang mampu memimpin pasar layar dengan teknologi terkini. Kami selalu mengakselerasi riset dan mengembangkan panel OLED ke beberapa produk seperti TV, smartphone, dan lainnya," ujar Kang.

Kang sendiri tak menyebut berapa harga dari layar itu. Belum diungkap juga kapan LG akan memamerkan layar ini di CES, apakah secara tertutup atau publik? Semua masih terkunci rapat.

3 dari 3 halaman

Panel OLED untuk Apple

Ambisi LG memperbesar suplai panel OLED sudah tersebar sejak beberapa waktu lalu. Selain untuk TV, konsumen dari kalangan vendor smartphone juga mulai tertarik pada panel OLED, termasuk Apple.

Apple sudah lama berusaha agar tidak bergantung pada Samsung sebagai pemasok layar OLED untuk iPhone X. Oleh karena itu, perusahaan sedang mengupayakan bisa mendapatkan pemasok baru untuk layar tersebut dan LG menjadi calon terkuat.

Menurut sebuah laporan, Apple dan LG Display telah menandatangani kesepakatan perihal suplai OLED. LG Display sendiri sudah mempersiapkan peralatan produksi agar bisa menyuplai sekira 60 juta panel OLED untuk Apple. Proses produksi diprediksi mulai sekitar Juni 2018.

Pihak LG Display beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan belum memiliki informasi apa pun yang bisa disampaikan terkait iPhone X.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.