Sukses

Dikecam, Vlogger Terkenal Minta Maaf Gara-Gara Tampilkan Mayat

Vlogger terkenal Paul Logan meminta maaf gara-gara menampilkan mayat dalam vlog-nya. Dia pun banyak mendapat kecaman dari warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Vlogger terkenal asal Amerika Serikat, Logan Paul, meminta maaf setelah dikecam oleh warganet.

Dia dikecam lantaran dalam sebuah vlog-nya, pria tersebut mempertontonkan tubuh mayat yang meninggal akibat bunuh diri di hutan Aokigahara Jepang.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Rabu (3/1/2018), Logan telah menurunkan video tersebut dari channel-nya. Ia juga meminta maaf karena mengunggah video berisi mayat yang masih tergantung di sebuah pohon.

Dia mengklarifikasi, tujuannya menunjukkan video tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas tindakan bunuh diri.

Video Paul diunggah dengan judul "Kami menemukan sesosok mayat di Japanese Suicide Forest" . Video tersebut ditonton oleh banyak orang sekaligus mendapatkan kecaman dan protes dari penontonnya.

Dalam unggahan permintaan maaf di Twitter, Paul mengatakan, dia mendapatkan beragam komentar negatif.

"Saya baru sekali mendapatkan kritik seperti ini, sebab saya tak pernah membuat kesalahan seperti ini sebelumnya. Saya dikelilingi banyak orang baik dan saya yakin saya membuat keputusan yang baik, tapi saya juga manusia yang bisa berbuat salah," katanya.

Vlogger itu melanjutkan, dirinya tidak mengunggah video tersebut untuk mencari penonton semata.

"Saya bermaksud menggalang kesadaran akan bunuh diri dan pencegahannya," tulis Logan Paul yang diunggah ke Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vlog Tampilkan Jasad

Dalam videonya, ia mengatakan, video tersebut merupakan peristiwa paling nyata yang pernah diunggahnya di channel-nya. Dalam vlog tersebut, Paul dan rekannya tampak telah mempersiapkan diri bermalam di hutan tersebut dengan berbagai peralatan.

Keduanya pun masuk ke hutan, tak lama mereka menemukan sesosok mayat tergantung dengan tali di pohon.

"Bro, apakah kita baru saja menemukan mayat di hutan bunuh diri ini?" tanya Paul kepada rekannya.

Kemudian, mereka mendekati mayat tersebut dan berkata, "Yo, apakah kamu hidup, apakah kamu mencoba mengerjai kami?"

Alih-alih memotong adegan tersebut, Paul memasukkannya dalam vlog dan menyensor muka mayat tersebut. Paul pun berkata ke arah kamera.

"Bunuh diri bukanlah lelucon. Depresi dan sakit mental bukanlah lelucon. Kami datang ke sini mulanya dengan tujuan untuk memperlihatkan seramnya hutan ini. Tapi sekarang benar-benar nyata," kata Paul.

Alih-alih meninggalkan mayat, dia masih berkutat di tempat tersebut. Dia juga sempat mengatakan, "Harusnya ini hanya lelucon, kenapa malah kejadiannya sangat nyata?"

3 dari 3 halaman

Kecaman Warganet

Tak lama, dia pun kembali ke parkiran dan mengambil gambar kru yang sedang bertindak menangani mayat tersebut sambil meminum sake, minuman keras Jepang.

Meski tidak berusaha memonetisasi video tersebut, Logan Paul mendapat kecaman dari penonton. Dia juga dianggap telah mengeksploitasi mayat orang yang meninggal dunia karena bunuh diri.

Tidak hanya itu, di media sosial, banyak warganet yang meminta YouTube mengambil langkah tegas dengan memblokir channel milik Logan Paul.

Paul juga dituding bakal menjadi penyebab anak-anak dan remaja trauma gara-gara video tersebut.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.