Sukses

Trafik Internet Operator Meroket di Pergantian Tahun 2018

Liputan6.com, Jakarta - Trafik layanan data tiga operator seluler Tanah Air, yakni XL Axiata, Telkomsel, dan Tri Indonesia, melesat hingga 300 persen saat pergantian Tahun Baru 2018.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan ada peningkatan signifikan trafik data pada libur pergantian tahun 2017/2018. 

"Kenaikan trafik terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Selama lima hari itu, trafik data hingga pada puncak malam pergantian tahun naik mencapai 20 persen jika dibandingkan hari biasa," tuturnya.

Namun, jika dibandingkan dengan periode liburan di pergantian tahun 2016/2017, kenaikan trafik data mencapai 160 persen, sedangkan trafik 4G mencapai 300 persen. Peningkatan ini didorong oleh akses media sosial dan layanan streaming, seperti YouTube.

Sementara, trafik data Telkomsel pada momen pergantian tahun ini tercatat meningkat 42 persen mencapai 10,7 Petabyte dibandingkan hari biasa yang biasanya 7,5 Petabyte per hari. 

"Kalau dibandingkan tahun baru 2016/2017, trafik kami melonjak 151 persen. Wilayah dengan kenaikan trafik tertinggi antara lain Jawa Tengah dan Yogyakarta sebesar 56 persen dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat dan Sulawesi masing-masing 51 persen dan 50 persen," jelas Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati.

Sama seperti XL, kenaikan trafik data operator merah juga didorong ole tingginya aktivitas mengunggah foto dan video di media sosial sebanyak 35 persen serta streaming sebesar 31 persen.

Adapun, panggilan suara dan panggilan video dengan aplikasi pesan instan berkontribusi sekitar 8 persen terhadap total trafik layanan data Telkomsel. 

Sementara, penggunaan layanan seluler berbasis suara (voice) dan SMS menurun masing-masing 6 persen menjadi 1,3 miliar menit dan 5 persen menjadi 659 juts SMS.

"Meski demikian, pelanggan di beberapa wilayah masih memakai layanan ini," ungkap Adita. 

1 dari 2 halaman

Trafik Data Tri Indonesia

Trafik data milik operator Tri Indonesia juga mengalami peningkatan signifikan saat Natal dan pergantian tahun 2017/2018. Tercatat ada kenaikan hingga 150 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Desmond Cheung, Chief Technology Officer Tri Indonesia mengatakan bahwa kenaikan trafik ini berasal dari aktivitas media sosial, gim, aplikasi video dan messenger yang digunakan pelanggan Tri untuk mengabadikan momen hari raya Natal, perjalanan liburan, dan Tahun Baru 2018. Aktivitas ini meningkat 40 hingga 60 persen.

"Lonjakan trafik terjadi mulai H-3 di hari raya Natal dan Tahun Baru sekaligus sebagai lonjakan tertinggi di H-3 pada perayaan tersebut, yakni 9,5 persen pada Hari Natal dan melonjak 9,7 persen saat perayaan Tahun Baru jika dibandingkan dengan trafik hari biasa. Trafik data kami di hari biasa rata-rata mencapai 4.200 TB," jelas Desmond.

Untuk mengantisipasi momen ini, Tri melakukan optimalisasi dan pemantauan intensif jaringan khususnya di daerah-daerah tujuan wisata dan pusat-pusat perayaan pergantian tahun.

Kini jaringan 4G Tri telah menjangkau 234 kota dan kabupaten, sebanyak 7.300 pedesaan di Indonesia.

"Semua upaya optimalisasi layanan ini kami lakukan sebagai wujud kepedulian Tri kepada pelanggan yang akan menikmati momen kebersamaan dan perayaan baik di hari Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Smartfren Pede Bidik 12 Juta Pelanggan Baru di 2018
Artikel Selanjutnya
Smartfren Tebar Diskon Andromax 4G Awal Februari, Ini Daftarnya