Sukses

Varian Vivo X20 Plus Punya Pemindai Sidik Jari di Layar?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah varian dari Vivo X20 Plus dilaporkan memiliki sensor pemindai sidik jari di layar. Informasi ini diketahui dari sertifikasi 3C yang didapatkan smartphone tersebut di Tiongkok.

Dilansir GSM Arena, Jumat (5/1/2018), smartphone yang mendapatkan sertifikasi itu memiliki nama "Vivo X20 Plus UD". Penamaan "UD" tersebut memicu spekulasi smartphone itu kemungkinan akan menjadi ponsel pertama dengan pemindai sidik jari di layar.

Sejauh ini belum ada konfirmasi apa pun termasuk dari Vivo. Arti "UD" pun masih memiliki kemungkinan merujuk pada fitur lainnya.

Kendati demikian, kuat dugaan "UD" merujuk pada fitur pemindai sidik jari di layar, terutama karena Vivo sebelumnya telah mengumumkan fitur tersebut.

Oleh karena itu, versi flagship terbaru dinilai akan menjadi pilihan tepat bagi perusahaan untuk merilis fitur tersebut.

Menurut laporan, varian baru Vivo X20 Plus akan diumumkan di pagelaran Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), pada bulan ini.

1 dari 2 halaman

Vivo Perkenalkan Pemindai Sidik Jari di Layar

Vivo pertama kali memperkenalkan teknologi pemindai sidik jari di layar pada gelaran Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2017.

Teknologi yang diberi nama Under Display Fingerprint Scanning Solution itu diklaim sebagai yang pertama diperkenalkan ke publik oleh perusahaan smartphone.

Menurut Innovation Product Manager Vivo, Jay Hong, kehadiran teknologi ini tak lepas dari penggunaan teknologi pemindai sidik jari kapasitif yang sudah mencapai batasnya. Oleh karena itu, Vivo memilih menawarkan sebuah terobosan baru.

"Lalu, yang kami pikirkan adalah membuat pemindai sidik jari tanpa tombol. Oleh sebab itu, kami mengembangkan pemindai sidik jari yang dibenamkan tepat pada layar smartphone," ujar Hong pada Juni 2017.

Under Display dirancang berdasarkan teknologi sensor pemindai sidik jari milik Qualcomm. Sensor yang memanfaatkan teknologi ultrasonik ini dibuat agar bisa menembus layar OLED, guna mengenali sidik jari pengguna dalam berbagai keadaan termasuk ketika basah dan berdebu.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Intip Antusiasme Penjualan Perdana Samsung Galaxy A8 di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Ini Penampakan Moto E5 dengan Pemindai Sidik Jari di Belakang