Sukses

Google Rilis Patch Keamanan Android untuk Pixel dan Nexus

Google memulai 2018 dengan merilis patch keamanan Android untuk perangkat Pixel dan Nexus.

Liputan6.com, Jakarta - Google memulai 2018 dengan merilis Security Patch (patch keamanan) untuk berbagai perangkat Android seri Pixel dan Nexus. Total terdapat 38 kerentanan keamanan pada Pixel dan Nexus.

Dilansir Softpedia, Kamis (4/1/2018), berdasarkan Android Security Bulletin yang dirilis pada 2 Januari 2018, Google ingin memastikan semua perangkat Pixel dan Nexus aman sepanjang waktu. Deretan perangkat tersebut adalah Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL dan Pixel C.

Google telah menambal sebanyak 37 kerentanan penting di berbagai komponen seperti runtime, media framework dan kernel Android. Selain itu juga untuk berbagai komponen LG, HTC, MediaTek, NVIDIA dan Qualcomm.

"Hal paling penting adalah kerentanan keamanan di Media framework, yang bisa dimanfaatkan oleh penyerang dari jarak jauh menggunakan file khusus untuk mengeksekusi kode dalam konteks proses khusus," jelas Google dalam pernyataanya.

Google mengungkapkan, saat ini tidak ada pengguna yang menjadi "korban" dari kerentanan keamanan tersebut. Namun, raksasa mesin pencari itu merekomendasikan para pengguna memperbarui perangkat mereka sesuai dengan Android Security Patch January 2018, secepat mungkin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Android Security Patch

Patch keamanan Android terbaru ini sedang dirilis ke berbagai perangkat Pixel dan Nexus termasuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel C, Nexus 5X dan Nexus 6P melalui sistem over-the-air (OTA). Semua perangkat ini akan mendapatkan upgrade ke OS Android 8.1 Oreo, yang telah dirilis oleh Google pada bulan lalu.

Android 8.1 dilengkapi dengan berbagai peningkatan dan fitur baru seperti menu transparan Quick Settings, serta tema "light" dan "dark" yang bisa hidup secara otomatis berdasarkan wallpaper layar Home.

Selain itu, Android 8.1 juga menambahkan bar Google Search di bawah dock dan sebuah opsi developer baru untuk perangkat Pixel 2 agar para pengguna bisa mengaktifkan chip pemrosesan gambar tersembunyi untuk HDR+.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.