Sukses

Diuji, Performa Snapdragon 670 Ternyata Ngebut

Liputan6.com, California - Qualcomm tak cuma mempersiapkan prosesor Snapdragon 845 untuk smartphone 2018, tetapi perusahaan manufaktur chipset ini juga menyiapkan prosesor lain yang ternyata performanya tak kalah kencang. Prosesor tersebut adalah Snapdragon 670.

Meski berbeda 'kelas' dengan Snapdragon 845, Snapdragon 670 terbukti punya kinerja yang cukup baik. Prosesor diuji lewat situs benchmark Geekbench ke perangkat berbasis sistem operasi Android Oreo dengan RAM 6GB.

Dalam pengujian single core, Snapdragon 670 mampu mencetak skor 1.863, sedangkan pada pengujian multi core prosesor ini mengantongi skor 5.256. Kedua skor tersebut tentu terbilang tinggi.

Walau demikian, tidak ada informasi detail terkait Snapdragon 670, seperti spesifikasi detail dan kemampuan apa saja yang dimiliki. Namun, berdasarkan rumor yang beredar belum lama ini, prosesor akan memiliki pabrikasi 10nm.

1 dari 3 halaman

Dibekali Modem Snapdragon X16 LTE

Lebih lanjut, rumor menyebutkan Qualcomm membangun prosesor ini dari empat inti Kryo 360 Gold dan empat inti Kryo 385. Prosesor juga disematkan kartu grafis GPU Adreno 620.

Selain itu, prosesor juga akan dibekali modem Snapdragon X16 LTE dan Image Signap Processor Spectra 260 ISP yang juga dapat mendukung kamera dengan resolusi hingga 26MP.

Sayang, belum ada inormasi kapan prosesor ini akan diumumkan. Namun, kabarnya Snapdragon 670 akan diluncurkan bersama dengan seri lainnya, yakni Snapdragon 640 dan 460.

2 dari 3 halaman

Qualcomm Siapkan Snapdragon untuk Chromebook?

Proses teranyar Qualcomm, Snapdragon 845 memang akan meluncur ke beberapa flagship smartphone dan perangkat "Always Connected PC". Namun, kabarnya prosesor cerdas itu disebut juga akan hadir pada perangkat Chromebook.

Informasi ini terungkap dari forum XDA Developers, yang mengatakan kalau saat ini ada sebuah perangkat Chromebook yang disematkan dengan prosesor Snapdragon 845. Sayang, sumber tidak menjabarkan pabrikan mana yang tengah mengembangkan Chromebook itu.

Chromebook versi sebelumnya memang sudah ditopang prosesor ARM yang bisa dibilang bukan produk baru. Pun demikian, prosesor ARM yang saat ini banyak dipakai di Chromebook sayangnya belum menjadi prosesor terbaik.

Adapun performa Snapdragon 845 sendiri dinilai melampaui ekspektasi dan sangat kencang. Untuk laptop, sudah ada dua perangkat Windows 10 yang menggunakan prosesor tersebut. Dengan demikian, bila informasi tersebut benar, berarti ini akan menjadi Chromebook pertama yang mengusung Snapdragon 845.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Sony Xperia XZ Pro Usung Layar 4K dan Kamera Ganda?
Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Mi Max 3 Terungkap dengan Layar Super Besar