Sukses

Google Rekrut 30 Karyawan untuk Kumpulkan Sepeda Hilang

Liputan6.com, Jakarta - Google mempekerjakan 30 karyawan kontrak untuk mengumpulkan kembali sepedanya yang hilang di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat (AS). Google memperkirakan 100 hingga 250 dari 1.100 "Gbike" telah hilang setiap pekan, sehingga perusahaan merasa harus mengambil langkah tegas mengatasi hal tersebut.

Dilansir Business Insider, Senin (8/1/2018), Gbike merupakan fasilitas sepeda gratis yang disediakan Google untuk mobilitas karyawannya di seluruh area kantor. Sayangnya, ada sejumlah orang yang menilai sepeda tersebut sebagai fasilitas umum, sehingga membuat jumlahnya berkurang setiap hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Google mempekerjakan sebuah tim yang terdiri dari 30 kontraktor dan lima van khusus hanya untuk mengumpulkan kembali sepedanya yang bertebaran di wilayah Mountain View.

Google juga sedang menguji coba GPS tracker pada beberapa sepedanya. Selain itu, sepeda tersebut juga akan dikunci, sehingga hanya karyawan Google yang bisa membukanya dengan ponsel mereka sendiri.

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi besar yang memiliki kantor pusat di Mountain View. Mozilla Foundation dan Symantec juga memiliki kantor di kota tersebut.

 

1 dari 2 halaman

Popularitas Sepeda Google

Google pertama kali meluncurkan program sepedanya pada 2007. Raksasa mesin pencari itu juga mengucurkan dana sebesar US$ 5 juta untuk mengembangkan lebih banyak kota ramah sepeda. Perusahaan juga berusaha keras membuat jalan-jalan lokal di Mountain View ramah sepeda.

Alhasil, banyak orang di Mountain View melihat Gbike seperti fasilitas umum dari Google untuk para penduduk kota tersebut. Mayor Mountain View, Ken Rosenberg, pernah mengatakan ia menggunakan sepeda Google setelah menghadiri sebuah pertemuan di kantor pusat anak usaha Alphabet tersebut.

Seorang penduduk Mountain View bernama Sharon Veach, mengatakan kadang menggunakan sepeda itu untuk bekerja di Oracle. Mirisnya, Oracle merupakan salah satu kompetitor Google.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Gandeng Tencent, Google Siap Hadir di Tiongkok?
Artikel Selanjutnya
Google Bantah Rilis Aplikasi Maps di Tiongkok