Sukses

Mirip Tembok, Samsung Umumkan TV dengan Layar 146 Inci

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memamerkan televisi 4K berukuran 146 inci terbarunya yang diberi nama The Wall di ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sesuai namanya yang berarti tembok, televisi ini memang punya ukuran yang sangat lebar, layaknya tembok. Mengutip laman Mashable, Selasa (9/1/2018), televisi ini menggunakan teknologi layar terbaru Samsung yang bernama micro LED.

Micro LED merupakan teknologi terbaru, penyempurnaan dari teknologi-teknologi layar televisi yang sebelumnya, antara lain LED, OLED, dan Quantum Dots.

Dibandingkan dengan teknologi layar sebelumnya, micro LED hadir membawa kualitas gambar yang lebih baik, jernih, dan tingkat kecerahan warna lebih baik. Hal ini akan membuat konten HDR atau HDR10+ lebih nyaman saat ditonton.

Secara kasat mata, menonton dari layar micro LED tak begitu berbeda dengan TV non-micro LED. Namun perbedaan baru akan terasa saat kedua televisi tersebut disandingkan.

Secara desain, The Wall memiliki desain bezel-less, "module-based". Samsung menyebut, hal tersebut memungkinkan konsumen untuk menyesuaikan ukuran televisi sesuai kebutuhan mereka.

Perusahaan belum mengumumkan spesifikasi televisi layar lebar tersebut, termasuk bagaimana cara kerja untuk membuat televisi yang ukurannya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan ini.

"Layar modular dapat digunakan untuk display di tembok atau disesuaikan ukuran ruangan," kata Samsung.

Saat ini, The Wall barulah televisi konsep, namun perusahaan Korea Selatan tersebut memiliki rencana untuk mengomersialkannya di pasaran.

1 dari 2 halaman

Perkenalkan Monitor Sepanjang Meja Kerja

Samsung sebelumnya memamerkan monitor komputer terbesarnya, CHG90. Komputer ini masuk dalam kategori super-ultrawide dan bisa dibilang, lebarnya hampir sama dengan meja kerja.

Dibandingkan dengan monitor kategori ultrawide yang memiliki aspek rasio 21:9, monitor CHG90 memiliki aspek rasio 32:9. Sekadar diketahui, monitor pada umumnya hanya memiliki aspek rasio 16:9.

Mengutip laman Business Insider, CHG90 merupakan bagian dari monitor gaming Samsung. Sehingga, spesifikasi dan fitur-fiturnya pun mendukung untuk keperluan gaming. Misalnya saja waktu respon yang super cepat dan teknologi AMD FreeSync 2.

Monitor super-ultrawide ini memiliki ukuran 49 inci dan saat digunakan untuk membuka aplikasi Excel, tampilannya akan seperti foto di bawah ini.

Tak berbentuk datar layaknya monitor pada televisi berukuran besar, CHG90 berbentuk melengkung. Tujuannya untuk membantu penglihatan penggunanya agar tak perlu memalingkan kepala ke kanan dan kiri saat bermain gim.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Sony Xperia XZ Pro Usung Layar 4K dan Kamera Ganda?
Artikel Selanjutnya
Intip Antusiasme Penjualan Perdana Samsung Galaxy A8 di Indonesia