Sukses

Pengguna Android, Ini 7 Tips Maksimalkan Google Play

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu pengguna Android pasti tidak pernah lepas dari Google Play Store. Toko aplikasi ini bisa dibilang sumber utama untuk mengunduh berbagai konten, mulai dari aplikasi hingga gim.

Bagi kamu yang baru beralih ke Android atau mungkin pengguna lama yang belum familiar dengan Google Play, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui.

Berikut kami sajikan 7 (tujuh) tips dan trik agar kamu bisa menggunakan Google Play dengan lebih maksimal.

1. Cek Daftar Aplikasi 

Google Play Store memiliki tempat khusus bernama My Apps & Games. Sesuai namanya, kamu bisa melihat semua aplikasi yang sudah diunduh serta aplikasi mana saja yang membutuhkan update.

Ada pula halaman khusus untuk melihat semua aplikasi milik kamu yang belum terinstal di perangkat tersebut

Cara mengaksesnya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu di pojok kiri atas (3 baris horizontal) -> klik My Apps & Games. Jika ingin meng-update beberapa aplikasi sekaligus, Google Play Store menyediakan fitur Update All.

2. Aktifkan fitur Parental Controls

Tidak semua aplikasi di Google Play Store cocok digunakan anak-anak. Karena itu, jika kamu tidak ingin anak kamu mengunduh aplikasi yang belum sesuai dengan usia mereka--contohnya gim penuh adegan kekerasan atau aplikasi dating untuk orang dewasa--aktifkan saja fitur Parental Control.

Caranya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu di pojok kiri atas -> pilih Settings -> pilih Parental Controls lalu aktifkan.

kamu akan diminta membuat PIN rahasia. Setelah itu, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang wajib masuk dalam daftar ‘aplikasi terlarang’ untuk anak.

1 dari 4 halaman

3. Nonaktifkan Update Otomatis

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, setiap developer akan selalu menghadirkan update berkala pada aplikasi garapannya. Tapi, tentu tidak semua orang ingin perangkat Android-nya langsung melakukan update secara otomatis.

Alasan paling umum adalah soal kuota. Memang ada opsi untuk menjalankan update hanya ketika terhubung ke WiFi.

Masalahnya, ketika terhubung ke WiFi pun belum tentu kuotanya unlimited. Contohnya pengguna Mobile WiFi yang masih mengandalkan jaringan 4G milik operator dengan paket internet terbatas.

Nah, untuk menonaktifkan auto update, caranya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu -> masuk ke Settings -> lalu klik Auto-update Apps dan pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

2 dari 4 halaman

4. Cegah Aplikasi Baru Membuat Ikon di Home

Jika kamu baru memasang aplikasi dari Google Play Store, secara otomatis akan ada shortcut berupa ikon untuk membuka aplikasi tersebut langsung dari Home.

Jadi, kamu tidak perlu repot menelusuri App Drawer untuk mencarinya. Memang praktis, tapi mungkin tidak semua orang ingin halaman Home di smartphone-nya dipenuhi ikon-ikon dari berbagai macam aplikasi.

Cara menonaktifkannya: Buka Google Play Store -> pilih icon Menu dan masuk ke Settings -> lalu hilangkan tanda centang pada Add Icon to Home Screen.

5. Mengakses Gim Indie

Ingin mencari gim yang berbeda? Kamu bisa mengakses Indie Corner yang berisi beragam koleksi gim indie yang tak kalah seru dibandingkan gim garapan developer besar.

Cara mudah mengaksesnya: Buka browser (Google Chrome) di perangkat Android kamu -> lalu masukkan kata kunci Indie Corner. Hasil pencarian teratas akan langsung mengarahkan kamu ke halaman tersebut.

3 dari 4 halaman

6. Menambah Opsi Pembayaran

Kamu bisa menambahkan cara pembayaran baru untuk membeli aplikasi berbayar di Google Play Store. Misalnya, ingin menggunakan kartu kredit atau memotong pulsa.

Caranya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu lalu masuk ke Account -> pilih Payment Methods

7. Anda bisa melakukan refund

Tak perlu khawatir jika aplikasi berbayar yang kamu beli ternyata tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

Google menjanjikan kemudahan untuk melakukan refund alias pengembalian dana, dari aplikasi yang sudah kamu beli. Tapi, tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi yangcanggih.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan gadget teknologi, kunjungi www.yangcanggih.com.

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: Penampakan Boks Galaxy S9 Tuai Perhatian
Artikel Selanjutnya
Google Hapus 60 Aplikasi Gim dari Play Store Gara-Gara Pornografi