Sukses

Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Masalah Susah Sinyal di Rumah

Berikut ini adalah cara mudah untuk mengatasi susah sinyal di smartphone saat berada di dalam rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi susah sinyal, seperti jaringan seluler yang tiba-tiba putus atau tak ada dapat menerima panggilan sama sekali dapat menjadi hal yang menyebalkan. Terlebih, jika kejadian itu terjadi di rumah, hal itu tentu sangat mengganggu.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan masalah itu terjadi, mulai dari layanan operator yang terganggu atau masalah jaringan. Namun, tak tertutup kemungkinan memang ada masalah di perangkat yang sedang digunakan.

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com menghimpun solusi sederhana bagi kamu yang kerap mengalami susah sinyal di dalam rumah. Apa saja solusinya? Simak caranya berikut ini.

1. Buka Jendela

Salah satu solusi untuk mengatasi kondisi susah sinyal di dalam rumah adalah membuka jendela. Sebab, tak jarang sinyal sulit masuk ke dalam rumah karena terhalang oleh benda-benda, seperti kaca atau logam.

Karenanya, membuka jendela dapat menjadi solusi mudah untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Apabila merepotkan, tak ada salahnya untuk bergeser mendekati jendela ketika bermain smartphone agar mendapatkan sinyal lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Isi Ulang Baterai

Penyebab lain dari penerimaan sinyal yang kurang baik kemungkinan adalah baterai yang tinggal sedikit. Dalam kondisi ini, ada beberapa smartphone yang menurunkan kinerjanya untuk menghemat daya, termasuk mengakses sinyal.

Untuk itu, apabila baterai di perangkatmu sudah mulai menipis, segera lakukan isi ulang. Dengan demikian, smartphone dapat kembali bekerja seperti biasa.

3. Hidup-Matikan Modus Airplane

Solusi lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki penerimaan sinyal adalah mengaktifkan modus Airplane, lalu mematikannya kembali. Cara ini sebenarnya mirip dengan me-restart perangkat, tapi lebih mudah dilakukan.

Melalui cara ini, smartphone akan me-refresh koneksi jaringan. Jadi, smartphone akan mencari sinyal lain yang lebih mudah dihubungi, sehingga besar kemungkinan akan mencari menara dengan sinyal lebih kuat.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Tutupi Antena Smartphone

Sebelum menggunakan smartphone, tak ada salahnya untuk mengetahui posisi antenanya terlebih dulu. Cara ini dapat membantumu mengetahui posisi antena, sehingga tak menghalanginya saat sedang menggunakan.

Apabila kamu memakai casing, perhatikan pula apakah aksesoris itu menghalangi penerimaan sinyal antena perangkatmu. Jika casing yang menjadi penyebabnya, kamu dapat mengganti dengan bahan yang lebih ramah.

5. Ganti Operator

Terkadang masalah tak hanya berasal dari ponselmu, tapi ada di operator yang digunakan. Sebab, ada kemungkinan operator yang kamu pakai kurang memiliki jaringan baik di sekitar rumah.

Karena itu, pastikan terlebih dulu dengan orang lain yang memiliki operator serupa dan berbeda.Lalu, setelah menemukan operator yang lebih sesuai, kamu dapat langsung menggantinya.

(Dam/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.