Sukses

Xiaomi Bakal Garap Oculus Go untuk Facebook

Nantinya, perangkat ini akan dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 821.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan akan bekerja sama dengan Xiaomi untuk menggarap virtual reality (VR) headset terbaru Facebook, yakni Oculus Go.

Pengumuman tersebut diungkapkan langsung oleh VP VR Facebook, Hugo Barra, yang juga mantan petinggi Xiaomi di ajang CES 2018.

Dikutip dari The Verge, Rabu (10/1/2018), headset ini akan didukung dengan prosesor Qualcomm, Snapdragon 821. Nantinya, Xiaomi juga membesut perangkat serupa khusus pasar Tiongkok yang diberi nama Mi VR Standalone.

"Xiaomi merupakan rekan hardware kami untuk peluncuran Oculus Go secara global," tutur Barra yang baru bergabung Facebook setahun lalu. Sayangnya, tak ada informasi detil mengenai jadwal rilis termasuk spesifikasi lain dari headset ini.

Namun, dalam keterangan dari blog resmi Oculus, baik Oculus Go dan Mi VR Standalone memiliki spesifikasi dan desain yang sama.

Keduanya, juga mendukung Oculus Mobile SDK, yang memungkinkan pengembang Oculus merilis kontennya untuk platform Mi VR di Tiongkok.

Nantinya, Xiaomi juga akan bekerja sama langsung dengan pengembang Oculus untuk melokalisasi sejumlah konten dari Oculus Store dan memboyongnya ke Mi VR Store.

Langkah ini diambil, sebab peraturan di Tiongkok mewajibkan perusahaan asing bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok untuk memasarkan produknya di negara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zuckerberg Ungkap Oculus Go Tahun Lalu

Sekadar informasi, keberadaan Oculus Go sebenarnya telah diungkap oleh Mark Zuckerberg pada Oktober 2017. Ketika itu, ia mengungkap headset ini akan tampil sebagai produk mandiri dan dibanderol dengan harga US$ 199.

Meski tak menuturkan banyak hal, ia menyebut headset ini akan hadir pada awal 2018. Lebih lanjut ia menuturkan. Headset ini akan menjadi jembatan antara VR headset untuk mobile dan VR headset berbasis komputer.

Ketika itu, Hugo Barra juga menuturkan, headset ini akan dibekali generasi terbaru dari lensa yang ada di Oculus Rift. Perangkat ini nantinya memiliki layar built-in yang menawarkan sudut pandang lebih luas dan gambar lebih tajam.

"Oculus Go menawarkan cara lebih mudah bagi orang-orang untuk merasakan VR," tutur Barra. Karena perangkat ini akan dibekali speaker, pengguna tak membutuhkan headphone saat memakainya.

Kedatangan Barra di Facebook untuk mengembangkan VR, memang menjadi bagian dari rencana Facebook ke depannya. Baik Zuckerberg dan Barra percaya, teknologi tersebut dapat menjadi platform komputasi masa depan.

Di sisi lain, Barra juga bukan orang bagi Zuckerberg. Suami Priscillia Chan itu mengungkapkan, sebenarnya ia telah cukup lama mengenal Hugo Barra, yakni ketika ia masih ikut dalam pengembangan Android.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.