Sukses

Ini Drone Murah Berbekal Teknologi DJI dan Intel

Liputan6.com, Jakarta - Drone atau pesawat nirawak besutan DJI kerap diasosiakan berharga mahal. Namun startup asal Tiongkok bernama Ryze baru saja meluncurkan drone berbekal teknologi DJI dan Intel dengan harga terjangkau.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (13/1/2018), drone bernama Tello ini dibanderol dengan harga US$ 19 atau sekitar Rp 1,3 juta. Pesawat nirawak ini mampu menangkap video 360 derajat dan dapat langsung menyiarkannya ke tablet atau headset virtual reality (VR).

Karena ditujukan untuk pengguna berusia muda, Ryze menjanjikan drone ini dibekali dengan sejumlah fitur yang membuatnya aman dan mudah digunakan. Salah satunya adalah proses terbang dan mendarat yang dibuat otomatis.

Tello juga menggunakan Intel Movidius Myriad 2 VPU, yang biasanya dipakai di drone DJI sebagai sensor pengenalan benda untuk mendukung kemampuan hand gesture.

Di Tello, teknologi tersebut memungkinkan drone untuk melayang secara konsisten atau mendarat di tangan. Bobot Tello juga terbilang ringan hanya sekitar 80 gram.

Meski hadir sebagai perangkat terjangkau, drone ini mampu terbang dengan durasi yang terbilang baik, yakni 13 menit. Sebagai perbandingan, DJI Spark mampu terbang selama 16 menit dalam sekali pengisian daya.

Untuk kemampuan fotografi, drone ini memiliki kamera 5MP. Kendati sudah diperkenalkan, drone ini baru tersedia di pasaran pada Maret 2018.

1 dari 2 halaman

DJI Spark Rilis di Indonesia

Sebelumnya, DJI juga baru saja memperkenalkan drone selfie terbaru mereka, Spark, di Indonesia. DJI Spark merupakan drone mini dengan berat hanya 300 gram.

Drone ini juga memungkinkan pengguna menerbangkannya dari telapak tangan. Saat diterbangkan dari telapak tangan, secara otomatis Spark memasuki Gesture Mode, sehingga seluruh kontrol drone dapat dilakukan dengan gerakan tangan.

Ketika drone diterbangkan dari telapak tangan, secara otomatis Spark memasuki Gesture Mode, sehingga seluruh kontrol drone bisa dilakukan dengan gerakan tangan.

Pengoperasiannya pun begitu mudah, yakni hanya dengan menggerakkan telapak tangan ke kanan, kiri, atas dan bawah. Drone pun akan mengikuti arah telapak tangan penggunanya, termasuk memerintahkannya terbang menjauh dan mengambil swafoto hanya dengan gerakan tangan.

Tampilan antarmuka baru DJI Spark memungkinkan pengguna mudah menjangkau sudut pandang yang lebih tinggi dari udara, sehingga mengabadikan momen jadi lebih mudah. Spark juga bisa begitu ringkas dan bisa masuk ke dalam tas.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Google Akuisisi Startup yang Ubah Layar Smartphone Jadi Speaker
Artikel Selanjutnya
Intel Ungkap Fokus Bisnis Masa Depan di CES 2018